Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2016/2017

Hasan Asy'ary, 2817133062 (2017) Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, bahwa kurangnya motivasi dan hasil belajara masih rendah. Kondisi tersebut disebabkan karena proses pembelajaran peserta didik kurang tertarik dalam mengikutinya, serta kurang bersemangat, dan kurangnya pemahaman. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalah dengan menerapkan metode pembelajaran menemukan (discovery learning). Dengan metode tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Aqidah akhlak materi adab berpakaian melalui penerapan metode discovery learning peserta didik kelas II MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2016-2017. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Aqidah akhlak materi adab berpakaian melalui penerapan metode discovery learning peserta didik kelas II MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak duasiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas II MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2016-2017 yang terdiridari 26 peserta didik, 13 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik yang dikumpulkan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, dan diakhiri dengan menyusun hipotesis kerja. Indikator keberhasilan dalam penelitian iniapabila ketuntasan belajar peserta didik mencapai 75% dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti tes telah mencapai KKM. Hasil penelitian dalam tindakan kelas menunjukkan bahwa: 1). pembelajaran setelah di terapkan metode pembelajaran menemukan (disovery learning), ada peningkatan motivasi belajar Aqidah Akhlak kelas II MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Dari hasil analisis diketahuibahwa motivasi mengalami peningkatan dari pengisian angket motivasi sebelum tes awal (pre test) yaitu dengan rata-rata 58,11 dengan persentase motivasi 69,18%, pengisian angket motivasi sesudah post test siklus I yaitu 65,80 dengan persentase motivasi 78,34%, dan sesudah post test siklus II yaitu 72,58 dengan persentase motivasi 86,35%. 2). pembelajaran setelah di kembangkan metode pembelajaran menemukan (disovery learning), ada peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas II MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Dari hasil analisis diketahui bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dari tes awal (pre test) yaitu dengan rata-rata 60 dengan persentase ketuntasan belajar 30,76%, siklus I rata-rata yaitu 82,11 dengan persentase ketuntasan belajar 69,23%, dan siklus II yaitu 87,11 persentase ketuntasan belajar 88,46%.Berdasarkan paparan data, temuan peneliti dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas IIMI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2016- 2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133062 Hasan Asy'ary
Date Deposited: 16 Jun 2017 07:14
Last Modified: 16 Jun 2017 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item View Item