IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

WAHYU APRILIYA, 126201203325 (2024) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Motivasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ditulis oleh Wahyu Apriliya,NIM 126201203325,Program Studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,Pembimbing Muhammad Dwi Toriyono S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci : Implementasi , Metode Mind Mapping, Motivasi Belajar Implementasi Metode mind mapping merupakan salah satu sarana belajar yang memberikan inovasi dan meningkatkan daya tarik semangat siswa pada pembelajaran, dengan metode mind mapping ini siswa dapat lebih aktif, kreatif dan interaktif dalam belajar serta guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode mind mapping ini, hal ini dubuktikan pada pembelajaran didalam kelas siswa sangat antusias dalam belajar serta siswa aktif,kreatif,dan interaktif pada saat pembelajaran. Fokus Penelitian ini (1) Bagaiaman desain metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (2) Bagaiaman konten metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (3)Bagaiamana evaluasi metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan Blitar? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan desain metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam, yang kemudian didukung oleh konten metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam, serta adanya evaluasi metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan dengan credibility (kepercayaan) pengamatan. Hasil penelitian ini adalah (1) desain mind mapping dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan Blitar diawali dengan penyusunan RPP,pembegian kelompok,dan pembuatan peta pikiran.(2)konten mind mapping pelaksanaannya bertujuan untuk menjadikan pembelajaran aktif dan kreatif sehingga peserta didik lebih mudah memahami terkait materi adab bersosial media merupakan Faktor pendukung pelaksanaan metode Mind Mapping dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak berlangsung. (3) evaluasi metode mind mapping di MTs Darussalam terdapat faktor penghambat. Faktor penghambat yaitu kurangnya fasilitas didalam kelas dan kurangnya waktu kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran akidah akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203325 WAHYU APRILIYA
Date Deposited: 04 Sep 2024 14:37
Last Modified: 04 Sep 2024 14:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52600

Actions (login required)

View Item View Item