PENGARUH METODE SOSIODRAMA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP EMPATI SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL

SAFA ZAHRO INNAZILATUL FALAH, 12306193131 (2023) PENGARUH METODE SOSIODRAMA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP EMPATI SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (579kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Sosiodrama untuk Menumbuhkan Sikap Empati Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Safa Zahro’ Innazilatul Falah, dengan NIM 12306193131. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Kata Kunci : Empati, Metode Sosiodrama, Siswa Empati merupakan kemampuan meletakkan diri dalam posisi orang lain. Individu yang memiliki sikap empati akan memiliki kecenderungan untuk mampu menempatkan dirinya dalam segala situasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat empati siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, untuk mengetahui keefektifan metode sosiodrama terhadap sikap empati siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol serta untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama untuk menumbuhkan sikap empati siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian pre-eksperimen menggunakan desain One Group Pretest Posttest pada populasi sebanyak 30 siswa SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung kelas VII C, sedangkan untuk pengambilan sampel data menggunakan metode Purposive Sampling dengan 15 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat empati siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol terdapat 9 siswa kategori sangat rendah, 8 siswa kategori rendah, 8 siswa kategori tinggi dan 5 siswa kategori sangat tinggi. 2) Berdasarkan hasil uji paired samples test pada skor pre test dan post test sikap empati siswa terdapat perubahan yang signifikan yaitu nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok metode sosiodrama. 3) Kemudian, hasil dari N-Gain Score yang bernilai 59,59% yang menunjukkan bahwa terdapat adanya peningkatan sikap empati dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yaitu metode sosiodrama dapat menumbuhkan sikap empati siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193131 SAFA ZAHRO INNAZILATUL FALAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 19:04
Last Modified: 04 Sep 2024 19:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52612

Actions (login required)

View Item View Item