PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATA PELAJARAN PPKN MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NIKEN SETYOWATI, 126205202083 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATA PELAJARAN PPKN MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (676kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setyowati, Niken, 2024. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III Pada Mata Pelajaran PPKn MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, PPKn Seiring perkembangan zaman, dan pengaruh globalisasi yang terus menerus terjadi di Indonesia mengakibatkan malasnya peserta didik untuk berpikir dan memilih bergantung pada jawaban dari internet. Akibat dari ketergantungan peserta didik dengan internet mengakibatkan lemahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik MI Tarbiaytussibyan Tanjung Kalidawir Tulunganggung. Guru berusaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan pembelajaran kotekstual, sesuai dengan tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan pembelajaran yang terjadi dalam kelas III pada Mata Pelajaran PPKn, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PPKn terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III pada mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif bersifat eksperime. Peneliti hadir secara langsung ke lokasi penelitian guna mengetahui metode yang dguanakn oleh guru ketika mengajar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan preetest dan posttest sebagai metode pokok. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Guru hanya menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat sebagian banyak siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya variasi yang digunakan oleh guru sehingga membuat tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. (2) Perhitungan yang digunakan dalam uji t yaitu sample paired t test. Hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata preetest 28,44 dan nilai rata-rata posttest 84,48. Sehingga didapat nilai uji t adalah = 29,484 dan = 1,717 untuk taraf signifikansi 5%. Karena > , maka ditolak dan diterima. (3) Hasil uji effect size yang diperoleh dari perhitungan Cohen’s d sebesar 0,89 dengan persentase 79%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran PPKn mempunyai pengaruh tehadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202083 NIKEN SETYOWATI
Date Deposited: 04 Sep 2024 16:57
Last Modified: 04 Sep 2024 16:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52640

Actions (login required)

View Item View Item