PENGARUH METODE BAGHDADI TERHADAP DAYA INGAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI (Study Explanatory Mixed Method Di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek)

DIMAS IRKHAMI, 1880506220009 (2024) PENGARUH METODE BAGHDADI TERHADAP DAYA INGAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI (Study Explanatory Mixed Method Di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Metode Baghdadi Terhadap Daya Ingat Dan Kecerdasan Emosional Santri (Study Explanatory Mixed Method di Ponpes Modern Raden Paku Trenggalek)”, ditulis oleh Dimas Irkhami, NIM. 1880506220009, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci : Metode Baghdadi, Daya Ingat, Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pesantren modern dianggap menghasilkan output santri yang rendah dalam membaca Al Qur’an. Rendahnya santri yang membaca Al Qur’an di era globlalisasi saat ini menjadi tantangan bagi setiap pesantren untuk menciptakan generasi yang mempunyai kualitas bacaan Al Qur’an yang bagus dan juga mempunyai kecerdasan spiritual maupun emosional. Hal ini terjadi karena implementasi pembelajaran baca tulis Qur’an terlalu membosankan.harus ada metode yang baru agar bisa mengikuti perkembangan zaman dan bisa memadukan dengan materi umum lainnya. Namun, realita yang terjadi di lapangan, yakni di Ponpes Modern Raden Paku Trenggalek memiliki ciri khas dalam pembelajaran Al Qur’an. Dan mampu bersaing dengan pondok pesantren lain dalam bidang pembelajaran Al Qur’an. Terkait dengan metode pembelajaran Al Qur’an yang ada di pondok pesantren menggunakan metode Baghdadi. Dengan metode Baghdadi ini santri akan mudah dalam belajar membaca Al Qur’an dan menjadi progam wajib yang harus diikuti semua santri. Ponpes Modern Raden Paku Trenggalek juga telah merancang metode pembelajaran yang tepat agar para santri bukan hanya dibekali ilmu pengetahuan umum, namun juga memiliki akhlak mulia melalui pembelajaran Al Qur’an. Pertanyaan penelitian ini meliputi: (1) Seberapa baik pembelajaran Metode Baghdadi di pondok pesantren? (2) Seberapa baik pembelajaran Metode Baghdadi dalam membentuk daya ingat dan kecerdasan emosional di pondok pesantren? (3) Adakah pengaruh Metode Baghdadi dalam membentuk daya ingat santri di pondok pesantren? (4) Adakah pengaruh Metode Baghdadi dalam membentuk kecerdasan emosional santri di pondok pesantren? (5) Adakah pengaruh Metode Baghdadi dalam membentuk daya ingat dan kecerdasan emosional santri di pondok pesantren? (6) Bagaimana Metode Baghdadi dalam membentuk daya ingat santri di pondok pesantren? (7) Bagaimana Metode Baghdadi dalam membentuk kecerdasan emosional santri di pondok pesantren?. (8) Bagaimana Metode Baghdadi dalam membentuk daya ingat dan kecerdasan emosional santri di pondok pesantren? (9) Adakah perbedaan temuan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif? Metode riset penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method). Sementara itu jenis yang digunakan adalah desain berurutan (explanatory sequential design) dimulai dari metode kuantitatif untuk menjelaskan teori kemudian metode kualitatif untuk membuktikan, memperdalam dan data bahkan jika mungkin membangun teori baru. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Taro Yamane atau Slovin dan ditetapkan sampel sebanyak 78 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisisnya menggunakan Analisis data dilakukan melalui tahap pra penelitian yakni uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian pengujian prasyarat analisis dengan uji normalitas, linieritas, dan uji hipotesis dengan uji manova menggunakan bantuan SPSS25 for Windows. Selanjutnya, teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menemukan (1) Pembelajaran metode Baghdadi di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya responden yang memperoleh kecenderungan nilai pada interval 65 – 73 dengan frekuensi sebanyak 37 dan presentase 55%. (2) Pembelajaran metode Baghdadi terhadap daya ingat dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek dikategorikan baik. Hal ini dapat di lihat dari banyaknya responden variabel daya ingat yang memperoleh kecenderungan nilai pada interval 69 – 78 dengan frekuensi sebanyak 35 dan presentase 50%. Sedangkan untuk kecerdasan emosional dapat dilihat dari banyaknya responden yang memperoleh kecenderungan nilai pada interval 62 – 70 dengan frekuensi sebanyak 34 dan presentase 52%. (3) Terdapat pengaruh metode baghdadi terhadap daya ingat sebesar 37%, (4) Terdapat pengaruh metode baghdadi terhadap kecerdasan emosional sebesar 39%, (5) Terdapat pengaruh metode baghdadi terhadap daya ingat dan kecerdasan emosional sebesar 37% dan 39%, (6) Pembelajaran metode Baghdadi dalam membentuk daya ingat di pondok pesantren dilakukan dengan cara menghafal ayat Al Qur’an dan muroja’ah Al Qur’an, (7) Pembelajaran metode Baghdadi dalam membentuk kecerdasan emosional di pondok pesantren dilakukan dengan cara mengeja huruf hijaiyah, pengenalan huruf dengan harokat, pengenalan dengan huruf sambung, membaca Al Qur’an kemudian menghafal Al Qur’an. (8) Pembelajaran Metode Baghdadi dalam membentuk daya ingat santri di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek dapat dilakukan melalui hafalan Al Qur’an dan muroja’ah dalam setiap harinya sedangkan dalam membentuk kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek dilakukan melalui pengejaan huruf hijaiyah, membaca Al Qur’an dan menghafal Al Qur’an. (9) Sedangkan melalui pendekatan kuantitatif mampu menguji teori bahwa metode baghdadi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap daya ingat dan kecerdasan emosional santri di Ponpes Modern Raden Paku Trenggalek, Melalui pendekatan mixed method menjelaskan pengaruh metode Baghdadi, daya ingat dan kecerdasan emosional santri serta hasil uji analisis statistik deskriptif. Melalui pendekatan kualitatif mampu menjelaskan metode baghdadi dalam membentuk daya ingat dan kecerdasan emosional santri.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220009 DIMAS IRKHAMI
Date Deposited: 04 Sep 2024 17:34
Last Modified: 04 Sep 2024 17:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52649

Actions (login required)

View Item View Item