STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS PETELUR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETERNAK DI DESA PURWOREJO (Studi Kasus pada Peternakan milik Bapak Roji di Desa Purworejo, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung)

MUHAMMAD TEDY ANDRIANSYAH, 126402202127 (2024) STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS PETELUR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETERNAK DI DESA PURWOREJO (Studi Kasus pada Peternakan milik Bapak Roji di Desa Purworejo, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Petelur dalam Meningkatkan Pendapatan Peternak di Desa Purworejo (Studi Kasus pada Peternakan milik Bapak Roji)” ini ditulis oleh Muhammad Tedy Andriansyah, NIM. 126402202127, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh: Dr. Refki Rusyadi, M. Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberlangsungan suatu perusahaan dalam hal peternakan ayam ras petelur sangat ditentukan oleh keberhasilan perusahaan dalam kegiatan pemasaran. Dalam kedudukannya sebagai penyedia barang/bahan kebutuhan masyarakat, maka fungsi perusahaan hendaknya tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi bagaimana melakukan fungsi sosialnya dalam masyarakat dengan membina hubungan yang harmonis dengan masyarakat. Berdasarkan fenomena yang terjadi maka penting melakukan penelitian mengenai strategi pemasatan telur ayam yang mampu meningkatkan pendapatan peternakan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bapak Roji dalam memasarkan telur ayam, (2) Bagaimana dampak dari strategi pemasaran yang diterapkan terhadap pendapatan usaha peternakan ayam milik Bapak Roji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang yang menekankan pada deskripsi tentang suatu fenomena dengan menggunakan beberapa cara, serta disajikan secara naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penyajian dan analisis data berupa kata-kata atau penjelasan tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh Bapak Roji dalam memasarkan telur yaitu dengan strategi bauran pemasaran 4P (produk, harga, tempat, dan promosi), dengan menyediakan produk berupa telur bagus dan telur bentesan yang terjaga kebersihannya, harga yang terjangkau dan tidak jauh dari harga pasar, tempat yang hanya mengandalkan tanah sawah yang berada di belakang rumah, promosi dari mulut ke mulut. (2) Dampak dari strategi pemasaran yang diterapkan terhadap pendapatan usaha peternakan ayam milik Bapak Roji, dampak positifnya yaitu pemilik usaha tidak hanya mendapatkan keuntungan dari pengepul tetapi juga mendapatkan keuntungan dari telur yang diecer, dan dampak negatifnya yaitu telur yang dijual secara ecer adalah telur yang kondisinya bagus, alhasil telur yang harusnya dijual ke pengepul bisa dalam jumlah banyak jadinya hanya sedikit dan banyak telur yang disortir karena telur yang bagus sudah dipilihi untuk dijual secara ecer sebelumnya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Telur Ayam, Pendapatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202127 MUHAMMAD TEDY ANDRIANSYAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 17:20
Last Modified: 04 Sep 2024 17:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52670

Actions (login required)

View Item View Item