PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

AYU MURDANINGSIH, 126208201001 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Materi Klasifikasi Makhluk Hidup”, ditulis oleh Ayu Murdaningsih, NIM 126208201001, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Muhammad Iqbal Filayani,M.Si. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Model Pembelajaran, Numbered Head Together, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang hingga kini masih sering digunakan adalah berfokus pada pemberian pengetahuan dari guru, sedangkan siswa hanya menerima materi dari pengajar, mencatat, dan menghafalkannya. Model pembelajaran yang masih sering digunakan adalah model pembelajaran direct learning atau yang sering kita kenal dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian dan hasil wawancara guru IPA di SMP Negeri 1 Sumbergempol, diketahui bahwa selama proses pembelajaran guru lebih mendominasi, banyak siswa yang berbicara dengan teman sebangkunya dan ketika diskusi beberapa kelompok terlihat membebankan kepada satu anggota kelompoknya saja sehingga kurang interaktif, rasa tanggung jawab dan kerjasama siswa. selain itu, juga didapatkan bahwa banyak siswa yang tidak memenuhi nilai KKM. Oleh sebab itu, peneliti berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelejaran Numbered Head Together (NHT) Dengan model pembelajaran yang tepat ini, diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol materi klasifikasi makhluk hidup (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol materi klasifikasi makhluk hidup, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol materi klasifikasi makhluk hidup. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C (kelas kontrol) dan kelas VII-D (Kelas eksperimen) dengan jumlah siswa masing-masing 34. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui teknik observasi, tes dan Dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dan uji analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji MANOVA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201001 AYU MURDANINGSIH
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:00
Last Modified: 05 Sep 2024 01:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52690

Actions (login required)

View Item View Item