تطبيق التقويم التكويني في تعليم مهارة الكلام في اللغة العربية لطلاب المدرسة المتوسطة الإسلامية المعارف نهضة العلماء باليتار في الصف الثامن للعام الدراسي ٢٠٢٣/٢٠٢٤م

SALMA LUTVIANA AZIZAH, 126202202063 (2024) تطبيق التقويم التكويني في تعليم مهارة الكلام في اللغة العربية لطلاب المدرسة المتوسطة الإسلامية المعارف نهضة العلماء باليتار في الصف الثامن للعام الدراسي ٢٠٢٣/٢٠٢٤م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (686kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (847kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Evaluasi Formatif pada Keterampilan Berbicara Bahasa Arab untuk Siswa di MTs Ma’arif NU Blitar Kelas 8 Tahun Ajaran 2023/2024” ini ditulis oleh Salma Lutviana Azizah, NIM 126202202063, program studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Nuryani, M.Pd.I. Kata Kunci : Evaluasi Formatif, Keterampilan Berbicara Latar belakang dari penelitian ini yaitu keterampilan berbicara bahasa Arab merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana keterampilan berbicara ini merupakan modal dasar yang penting untuk menunjang keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena pada setiap muatan pembelajaran tidak terlepas dari keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, keterampilan berbicara pada siswa kelas 8 MTs Ma’arif NU Blitar masih mengalami beberapa kesulitan. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dan bisa atau tidak materi itu diterima oleh siswa melalui evaluasi formatif berbentuk tes tulis dan tes lisan. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana proses penerapan evaluasi formatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa MTs Ma’arif NU Blitar kelas VIII tahun pelajaran 2023/2024?, 2) Bagaimana permasalahan atau kesulitan penerapan evaluasi formatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa MTs Ma’arif NU Blitar kelas VIII tahun pelajaran 2023/2024?, 3) Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan penerapan evaluasi formatif pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa MTs Ma’arif NU Blitar kelas VIII tahun pelajaran 2023/2024? Metodologi Penelitian: 1) Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, ) Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, ۳) Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi, 4) dan Uji keabsahan data. Hasil Penelitian: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dengan menggunakan evaluasi formatif berjalan dengan sangat baik. Proses pelaksanaan tersebut melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Kesulitan dalam proses evaluasi formatif terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal yaitu: (a) Siswa terdapat kesulitan dari evaluasi yang berbentuk lisan, (b) Siswa cenderung ragu dan kurang percaya diri untuk menjawab soal lisan, (c) Kurangnya siswa dalam menguasai kosa kata bahasa Arab, dan (d) kurangnya minat siswa untuk belajar bahasa Arab. Sedangkan dari faktor eksternal yaitu: (a) Kelas yang bersifat heterogen, dan (b) Kurangnya penggunaan media pembelajaran. 3) Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam proses evaluasi formatif yaitu dari faktor internal: (a) Dengan memperkaya mufradat dan menguasainya, (b) Adanya pendekatan dari guru, (c) Dengan memberikan mufrodat di setiap pertemuan untuk dihafalkan dan dipraktekkan, (d) Dengan memberikan motivasi kepada siswa terkait pentingnya belajar bahasa Arab. Sedangkan untuk mengatasi siswa yang mempunyai kesulitan dalam belajar berbicara bahasa Arab dari faktor eksternal yaitu dengan: (a) Pendidik membuat kelompok belajar, (b) Pendidik menggunakan berbagai jenis media mengajar yang bervariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202202063 SALMA LUTVIANA AZIZAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 18:23
Last Modified: 04 Sep 2024 18:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52696

Actions (login required)

View Item View Item