PENERAPAN METODE KAISA (GERAK KINESTETIK) UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG

KHAMIDATUZ ZUHRIYAH, 12206193011 (2023) PENERAPAN METODE KAISA (GERAK KINESTETIK) UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Ini Dengan Judul “ Penerapan Metode Kaisa ( Gerak Kinestenik ) Untuk Meningkatkan Hafalan Surat-Surat Pendek Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA PSM Jeli” di tulis oleh Khamidatuz Zuhriyah, NIM 12206193011 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata kunci: metode kaisa, hafalan surat-surat pendek, anak usia dini Penelitian ini dilatar belakang oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an anak masih rendah sehingga mempengaruhi keberhasilan dalam proses menghafal Al-Quran. Terkait hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul penerapan metode kaisa untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun di RA PSM Jeli. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode kaisa untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun di RA PSM Jeli ? (2) Bagaimana pelaksanaan metode kaisa untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun di RA PSM Jeli ? (3) Bagaimana evaluasi metode kaisa untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun di RA PSM Jeli? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan metode-metode deskriptif kualitatif. Analisis data yang dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa , (1) perencanaan metode kaisa untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun dilakukan melalui penetapan tujuan pembelajaran hafalan anak, pemilihan metode hafalan anak, pemilihan media atau sumber belajar, penetapan waktu dan alokasi waktu. (2) pelaksanaan metode kaisa untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun yaitu : berdo’a sebelum pembelajaran di mulai, muroja’ah hafalan surat yang sudah dihafalkan sebelumnya, menyampaikan materi menghafal menambah hafalan dengan membaca ayat perkata dengan gerakan/kinestetik, menjelaskan maknanya atau arti dari ayat yang dihafalkan, anak melafalkan ayat secara berulang-ulang sampai ayat tersebut dihafal, menyimak hafalan anak. (3) evaluasi metode kaisa untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun yaitu : muroja’ah harian, tes per ayat, tes per surat, ter per 5 surat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193011 KHAMIDATUZ ZUHRIYAH
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:47
Last Modified: 05 Sep 2024 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52697

Actions (login required)

View Item View Item