PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada Usaha Miko Kecil dan Menengah di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)

FETY NISARIFA, 12403183221 (2023) PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada Usaha Miko Kecil dan Menengah di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Pada Usaha Miko Kecil dan Menengah di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)”, yang ditulis oleh Fety Nisarifa, NIM. 12403183221, Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Dyah Pravitasari, S.E, M.S.A. Peningkatan daya saing suatu usaha membutuhkan kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan informasi akuntansi yang mana informasi tersebut diperlukan manajemen untuk perencanaan, pengendalian, pembuatan keputusan dan evaluasi kerja. Namun tingkat kesadaran pelaku UMKM dalam menerapkan penggunaan informasi akuntansi masih rendah. Faktor pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, tingkat pendidikan serta motivasi kerja disinyalir menjadi penyebab lemahnya pelaku UMKM dalam menggunakan informasi akuntansi.. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Kanigoro, (2) menganalisis pengaruh pengetahuan pelaku UMKM terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM, (3) menganalisis pengaruh pengalaman pelaku UMKM terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM, (4) menganalisis pendidikan pendidikan pelaku UMKM terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM, (5) menganalisis pengaruh motivasi kerja pelaku UMKM terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif dengan data primer. Pengambilan sampel menggunakan dasar pengambilan sampel jenuh dengan penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah sebanyak 30 responden. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, (1) Secara Simultan pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, tingkat pendidikan, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (2) Pengetahuan akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (3) Pengalaman usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (4) Tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (5) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Kata Kunci : Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, Tingkat Pendidikan Motivasi Kerja, Penggunaan Informasi Akuntansi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403183221 FETY NISARIFA
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:04
Last Modified: 05 Sep 2024 01:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52707

Actions (login required)

View Item View Item