PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG

DEWI OKTAVIA ANGGRAINI, 2817133031 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anggraini, Oktavia. Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Susanto M.Pd. Kata Kunci: Scramble, Hasil Belajar, Bahasa Inggris Di sekolah Indonesia, Khususnya di tingkat Sekolah Dasar, pembelajaran Bahasa Inggris membutuhkan situasi yang menarik untuk menstimulasi belajar peserta didik. Berdasarkan pada hasil observasi awal yang dilakukan di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung ditemukan ada beberapa masalah yang terjadi pada peserta didik Kelas III. Pada prakteknya, guru menggunakan metode pembelajaran yang monoton. Mengakibatkan peserta didik tidak fokus pada materi yang disajikan dan mereka asyik sendiri bermain dengan temannya di kelas. Peserta didik kurang berpartisipasi yang menyebabkan kurangnya hasil belajar Bahasa Inggris. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran Scramble yang dimodifikasi pada pembelajaran Bahasa Inggris. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Scramble pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Day and Month kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris materi Day and Month melalui penerapan metode pembelajaran Scramble pada peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Perencanaan pada Siklus I dibuat berdasarkan hasil observasi awal. Sedangkan pada Siklus II, perencanaan dibuat berdasarkan hasil refleksi Siklus I. Pada tahap implementasi metode pembelajaran yang telah dimodifikasi telah diterapkan pada pertemuan ke I dan ke II. Sedangkan pada tahap observasi dilakukan dengan wawancara, observasi, membuat catatan lapangan, dokumentasi dan tes tulis, data tersebut dikumpulkan. Terakhir, pada tahap refleksi I dan II, data yang telah dikumpulkan di analisis untuk menentukan apakah tercapai atau tidak indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Scramble yang telah dimodifikasi telah berhasil memecahkan masalah pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Days and Months dengan ditandai adanya perekmbangan peserta didik pada kedua hasil belajar yaitu partispasi belajar dan hasil belajar. Peningkatan partisipasi belajar peserta didik dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris dari Siklus I ke Siklus II yaitu pada Siklus I mencapai taraf keberhasilan 84% dengan kriteria baik dan pada Siklus II mencapai taraf keberhasilan 94% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil produk dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata hasil belajar peserta didik dari Siklus I ke Siklus II pada tes akhir. Pada Siklus I 74,89, meningkat pada Siklus II 88,52. Dengan ketuntasan belajar pada Siklus I 72,22% dan pada Siklus II 90,47%. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 18,25%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode pembelajaran Scramble dapat memcahkan masalah belajar Bahasa Inggris peserta didik Kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133031 DEWI OKTAVIA ANGGRAINI
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:23
Last Modified: 19 Jun 2017 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item