STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN FAGANSA CAKE DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN MINAT BELI

RIA NUR ALFINA, 126405202204 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN FAGANSA CAKE DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN MINAT BELI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran Fagansa Cake dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Minat Beli” ditulis oleh Ria Nur Alfina, NIM. 126405202204, program studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing skripsi Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Latar belakang dari penelitian ini adalah persaingan di industri makanan yang semakin ketat. Maka, dibutuhkan sebuah strategi agar perusahaan bisa berinovasi dan bersaing di pasaran, salah satunya dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran. Penggunaan stretgi komunikasi pemasaran dapat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan minat beli. Jika kedua hal tersebut bisa ditingkatkan, maka sebuah bisnis akan mampu mencapai tujuan salah satunya mampu bertahan hidup dan meningkatkan penghasilan. Beberapa fokus dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awareness dan minat beli pada Fagansa Cake? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awareness dan minat beli pada Fagansa Cake? 3) Bagaimana dampak dari penerapan strategi komunikasi pemasaran terhadap brand awareness dan minat beli pada Fagansa Cake?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran pada Fagansa Cake dalam meningkatkan brand awareness dan minat beli, faktor pendukung dan penghambatnya beserta dampak dari penerapan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi komunikasi pemasaran pada Fagansa Cake menggunakan 7 komponen komunikasi pemasaran yaitu periklanan, event/partnership, hubungan masyarakat, pemasaran langusng, penjualan pribadi, promosi penjualan dan pemasaran dari mulut ke mulut yang penerapannya menggunakan media sosial berupa WhatsApp dan Instagram. 2) Faktor pendukung : lokasi yang mudah dicari dan strategis, memiliki lahan parkir, memiliki banyak pilihan menu, pelayanan yang baik dan ramah, harga yang terjangkau, sudah tersertifikasi halal dan mendapat sertifikat pangan dan review positif dari konsumen lain. Sedangkan faktor penghambat: keterbatasan anggaran pemasaran, munculnya trend diet ekstrim, peretasan media sosial dan bencana alam. 3) Dampak dari penerapan strategi komunikasi pemasaran : adanya peningkatan (penjualan, pengikut di media sosial, peringkat pencarian di Google dan permintaan informasi terkait usaha di media sosial). Kata kunci : Brand awareness, minat beli, strategi komunikasi pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405202204 RIA NUR ALFINA
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:51
Last Modified: 05 Sep 2024 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52776

Actions (login required)

View Item View Item