PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR 3D BERBASIS PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BANGUN RUANG KELAS IX MTS BUSTANUL ULUM

NAYLIN NI'MAH, 126204203184 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR 3D BERBASIS PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BANGUN RUANG KELAS IX MTS BUSTANUL ULUM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Gambar 3D Berbasis Pembelajaran Generatif Terhadap Kemandirian Belajar dan hasil Belajar Siswa Pada Bangun Ruang Kelas IX MTs Bustanul ulum” ditulis oleh Naylin Ni’mah, NIM 126204203184, dosen pembimbing Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Media gambar 3D, Model Pembelajaran Generatif, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya monotonya metode pembelajaran yang digunakan serta kurangnya penggunaan media pembelajaran, rendahnya kemandirian belajar dan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal matematika. Oleh sebab itu. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1). Mengetahui adanya pengaruh penggunaan media gambar 3d berbasis pembelajaran generatif terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada bangun ruang kelas IX MTs Bustanul Ulum. 2). Mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media gambar 3d berbasis pembelajaran generatif terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada bangun ruang kelas IX MTs Bustanul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Exsperiment. Populasi dari penelitian ini adalah selusur sis akelas IX MTs Bustanul Ulum. Sedangkan sampelnya menggunakan kelas IX-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dan kelas IX-D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest hasil belajar pada kelas eksperimen 71,96 dan kelas kontrol 62,43. Dan rata-rata nilai angket kemandirian belajar pada kelas eksperimen 63,066 dan kelas kontrol 58,90. Hasil uji t-independent sample test hasil belajar menunjukkan bahwa nilai df = 60 dengan nilai signifikansinya 0,05, pada nilai t_tabel = 2,002. Sehingga diperoleh bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 2,020>2,002 yang berarti H_1 diterima dan H_0 ditolak. Hasil uji t-independent sample test kemandirian belajar menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 2,430>2,002 yang berarti H_1 diterima dan H_0 ditolak. Selanjutnya nilai effect size atau proporsi varian yang diperoleh pada hasil belajar adalah r^2=0,0636. Karena nilai r^2=0,06≤0,09 maka tergolong dalam efek kecil dengan presentase sebesar 6,4%. Selanjutnya terhadap kemandirian belajar adalah r^2=0,0895. Karena nilai r^2=0,08≤0,09 maka tergolong dalam efek kecil dengan presentase sebesar 9%. Sehingga dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh penggunaan media gambar 3d berbasis pembelajaran generatif terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada bangun ruang kelas IX MTs Bustanul Ulum; 2). Besar pengaruh penggunaan media gambar 3d berbasis pembelajaran generatif terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada bangun ruang kelas IX MTs Bustanul Ulum tergolong efek kecil. Penelitian ini juga memberikan saran kepada beberapa pihak, yaitu : 1) Peneliti berharap siswa mampu meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematis dengan menggunakan media gambar 3d berbasis pembelajaran generatif. 2). Peneliti berharap guru hendaknya merancang media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, disamping itu penerapan berbagai variasi model pembelajaran juga dibutuhkan dalam pengelolahan kelas. sehingga siswa memiliki semangat belajar dan terciptanya kemandiirian belajar dan hasil belajar yang tinggi. 3). Penelliti berharap sekolah mampu menyediakan fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran dikelas. 4). Peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel yang berkaitan dengan model pembelajaran generatif menggunakan media gambar 3D ini sangat diperlukan, dimana tidak hanya pada kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Sehingga penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih maksimal dan menambah wawasan lebih luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203184 NAYLIN NI'MAH
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:57
Last Modified: 05 Sep 2024 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52778

Actions (login required)

View Item View Item