PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI SPLDV KELAS VIII MTsN ARYOJEDING

Laela Itsna Achmadah, 2814133098 (2017) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI SPLDV KELAS VIII MTsN ARYOJEDING. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding” ditulis oleh Laela Itsna Achmadah dibimbing oleh Bu Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci:Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa, Materi SPLDV Fenomena hasil belajar siswa yang rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional di mana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan membuat siswa lebih aktif dapat menggunakan model discovery learning. Discovery learning adalah suatu cara mengajar yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan diskusi, seminar, membaca sendiri dan mencoba sendiri agar anak dapat belajar sendiri. Penggunaan teknik discovery ini guru berusaha meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar Matematika materi SPLDV siswa kelas VIII MTsN Aryojeding. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar Matematika materi SPLDV siswakelas VIII MTsN Aryojeding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah siswa kelas VIII MTsN Aryojeding berjumlah 360 siswa, teknik samplingnya adalah simple random sampling, sampelnya siswa kelas VIII G dan VIII H, metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes, analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika materi SPLDV siswa kelas VIII MTsN Aryojeding. Hal ini berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, diperoleh nilai thitung(2,992)>ttabel(1,993) pada taraf signifikansi 5%.Besar pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika materi SPLDV siswa kelas VIII MTsN Aryojeding adalah 0,711, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 76% termasuk dalam kategori medium atau sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Laela I.A. 2814133098 Laela Itsna Achmadah
Date Deposited: 21 Jun 2017 04:22
Last Modified: 21 Jun 2017 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5292

Actions (login required)

View Item View Item