ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JOMBANG

ALIYATUS SOLIKHAH, 126201203193 (2024) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aliyatus Solikhah, 126201203193, Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jombang, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Ahmad Natsir, M.Pd.I Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, SWOT, Akidah Akhlak. Proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila dilihat dari pemahaman konsep, prestasi belajar peserta didik, penguasaan materi, dan ketepatan dalam pemilihan penerapan model dan media pembelajaran. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata peserta didik sehari-hari. Sedangkan Akidah Akhlak merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, mengimani Allah Swt dan merealisasikannya dengan perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai kegiatan. Penelitian ini mengungkap tentang Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jombang. Adapun fokus penelitiannya adalah: Pertama, Bagaimana implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Jombang? Kedua, Bagaimana analisis model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Jombang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru Akidah Akhlak, dan peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Jombang sudah berjalan dengan baik, meskipun beberapa kelas masih belum bisa menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan maksimal. Kedua, Faktor kekuatan, faktor kelemahan, faktor peluang, dan faktor ancaman Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Jombang meliputi faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203193 ALIYATUS SOLIKHAH
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:47
Last Modified: 09 Sep 2024 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52920

Actions (login required)

View Item View Item