PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA DI MTsN BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

RICO ARDIANSA BAYU SAPUTRO, 2814133154 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA DI MTsN BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Segitiga di MTsN Bandung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Rico Ardiansa Bayu Saputro, NIM. 2814133154, Pembimbing Bapak Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif jigsaw, Pendekatan Saintifik, Motivasi belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) rendahnya hasil belajar matematika siswa 2) rendahnya motivasi belajar matematika siswa 3) kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di MTsN Bandung tahun ajaran 2016/2017? 2) apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di MTsN Bandung tahun ajaran 2016/2017? 3) apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di MTsN Bandung tahun ajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di MTsN Bandung 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di MTsN Bandung 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di MTsN Bandung. Penelitian ini bermanfaat bagi para guru MTsN Bandung sebagai dasar untuk inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Bagi siswa MTsN Bandung untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Bagi MTsN Bandung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pemilihan pembelajaran alternatif. Bagi para pembaca dan peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain rancangan two group post test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Bandung Tulungagung yang berjumlah 342 siswa. xv Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling, dengan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data : 1) angket; 2) wawancara; 3) observasi; 4) Tes; 5) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa Post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah uji Ttest dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 103,57 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 97,25. Hasil uji statistik diperoleh T hitung manual sebesar 5,016 dan SPSS sebesar 3,063 dengan signifikansi 0,003 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 92,48 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 79,62. Hasil uji statistik diperoleh T hitung manual sebesar 19,176 dan SPSS sebesar 3,696 dengan signifikansi 0,000 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan Hasil uji statistik Pilai’s trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s trace, dan Roy’s largest root dengan signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, dan f hitung > f tabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133154 RICO ARDIANSA BAYU SAPUTRO
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:30
Last Modified: 06 Jul 2017 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item