PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

DESY NUR FITRIASARI, 126212203088 (2024) PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (637kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Hidrolisis Garam” ini ditulis oleh Desy Nur Fitriasari, NIM. 126212203088, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Naimatul Khoiroh, M.Si. Kata Kunci: Praktikum Berbasis Proyek, Minat, dan Prestasi Belajar Kimia Penelitian ini dilatar belakangi oleh 1) rendahnya minat belajar dan 2) prestasi belajar siswa. Kedua permasalahan ini disebabkan karena kurang ketertarikan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan turunnya prestasi belajar. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan metode praktikum yang mendorong peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar dalam pemahaman konsep-konsep dan prinsip-prinsip, serta minat dan prestasi belajar terhadap kimia. Metode ini cukup efektif dan menantang sebagai alat pembelajaran bagi peserta didik secara aktif, dengan tidak bergantung sepenuhnya pada pendidik, sehingga penelitian ini dapat dilakukan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis pengaruh metode praktikum terhadap minat belajar siswa pada materi hidrolisis garam, 2) menganalisis pengaruh metode praktikum terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam, dan 3) menganalisis pengaruh metode praktikum terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperimental) dengan Nonequivalent Pretest-Posttes Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 (sebagai kelas eksperimen) yang berjumlah 40 siswa dan XI MIPA 5 (sebagai kelas kontrol) yang berjumlah 37 siswa, dengan demikian jumlah keseluruhan 77 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan 30 pernyataan dan 20 soal tes yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji Manova. Analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh metode praktikum terhadap minat belajar siswa pada materi hidrolisis garam dengan signifikasi 0,000 > 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, 2) terdapat pengaruh metode praktikum terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam dengan sig. 0,001 > 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, dan 3) terdapat pengaruh metode praktikum terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam dengan sig. 0,000 > 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212203088 DESY NUR FITRIASARI
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:33
Last Modified: 23 Sep 2024 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53096

Actions (login required)

View Item View Item