UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTs NEGERI ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SEFTI KHUSNUL QOTIMAH, 2811133237 (2017) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTs NEGERI ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meingkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTs Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Sefti Khusnul Qotimah , NIM 2811133237, Tahun 2017, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. H. Retno Indayati, M.Si Kata Kunci: Kepala Sekolah, kompetensi Pedagogik Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kompetensi pedagogik guru dianggap pilihan paling tepat untuk mempersiapkan para guru dalam upaya menjawab tantangan zaman. Karena dengan memiliki kompetensi pedagogik yang baik nantinya diharapkan akan membawa perubahan baik juga terhadap peserta didik. Sebagai seorang kepala madrasah banyak langkah strategis yang dapat dilakukan guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru sebagai bawahannya. Di dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya, bagi guru di madrasah akan sangat membutuhkan adanya dorongan semangat dan motivasi dari pimpinan mereka, sebab hal ini merupakan modal yang sangat penting sehingga hampir setiap tindakan dan kebijakan yang diambil/dilakukan oleh seorang pemimpin mempunyai dampak yang positif dan negatif bagi bawahan yang dipimpinnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mempersiapkan guru melaksanakan tugas pembelajaran? 2) Bagaimana upaya kepala sekolah untuk meningkatkan potensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran? 3) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam memantau pelaksanaan penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh guru. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya kepala sekolah dalam mempersiapkan guru melaksanakan tugas pembelajaran, untuk mendiskripsikan tugas kepala sekolah untuk meningkatkan potensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan untuk mendiskripsikan upaya kepala sekolah dalam memantau pelaksanaan penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh guru. Skripsi ini bermanfaat bagi pihak sekolah MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran untuk lebih meningkatkan kompetensi pedagogic guru, bagi para guru MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung sebagai bahan untuk meningkatkan kompetensi pedagogic dalam kegiatan belajar mengajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi penelitian lebih lanjut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/ lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis reduksi data, data display dan verifikasi/penyimpulan data.menetapkan keabsahan data dengan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian dilapangan. Dalam menetapkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu: teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pertimbangan. Hasil penelitiannya adalah: 1) menyiapkan RPP sebelum masuk proses pembelajaran, mengenali karakteristik peserta didik, menerapkan disiplin dengan cara menyediakan finger print, mengadakan rapat sebelum mengadakan proses pembelajaran. 2) mengirim guru ikut MGMP, KKG, Lokakarya, memberikan motivasi kepada guru agar lebih semangat dalam melaksankan tugasnya, mendatangkan motivator dari luar. Menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa, menciptakan pembelajaran yang mendidik, meningkatkan potensi peserta didik 3) evaluasi dikerjakan secara berkala setiap hari senin untuk waka dan hari sabtu untuk guru, melakukan supervisi yang dilakukan turun langsung kelapangan oleh kepala sekolah maupun mendatangakan pengawas dari luar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133237 SEFTI KHUSNUL QOTIMAH
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:14
Last Modified: 06 Jul 2017 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item