NUR LAILATUL BADRIYAH, 126205203184 (2024) STRATEGI MENGATASI HAMBATAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER MELALUI METODE PARTICIPATIVE TEACHING AND LEARNING DI MI HIDAYATUL ULUM NGAMPEL SELODONO RINGINREJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (249kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (209kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Mengatasi Hambatan Belajar Pada Siswa Slow Learner Melalui Metode Participative Teaching And Learning Di MI HIDAYATUL ULUM Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri” ini ditulis oleh Nur Lailatul Badriyah, NIM 126205203184, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung. Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Strategi, Hambatan Belajar, Slow Learner Latar belakang dari penelitian ini adalah Semua siswa dalam kegiatan pembelajaran tidak selalu menemukan kemudahan. Terkadang beberapa dari mereka mengalami hambatan dalam belajar. Hambatan belajar yang dialami oleh setiap siswa memberikan guru gambaran tentang jenis bantuan apa yang harus diberikan kepada anak tersebut. Salah satu metode yang dapat diterapkan pada peserta didik yang belajar lambat adalah pembelajaran dan pengajaran berpartisipasi. Metode ini menjadi salah satu alternatif yang membantu membangun jalan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran partisipatif adalah jenis pembelajaran di mana siswa berpartisipasi secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan. Akibatnya, MI Hidayatul Ulum Ngampel menarik perhatian karena merupakan sekolah yang mengatasi hambatan belajar siswa Slow Learner. Focus dari penelitian ini adalah 1.)Bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengatasi hambatan belajar Peserta didik Slow Learner Melalui Metode Participative Teaching And Learning di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo KEDIRI?, 2.)Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi hambatan belajar Peserta didik Slow Learner Melalui Metode Participative Teaching And Learning di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo KEDIRI?, 3.)Bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengatasi hambatan belajar Peserta didik Slow Learner Melalui Metode Participative Teaching And Learning di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo KEDIRI?. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1.)Untuk mendiskripsikan strategi perencanaan guru dalam mengatasi hambatan belajar Peserta didik Slow Learner Melalui Metode Participative Teaching And Learning di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo KEDIRI, 2.)Untuk mendiskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi hambatan belajar Peserta didik Slow Learner Melalui Metode Participative Teaching And Learning di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo KEDIRI, 3.)Untuk mendiskripsikan evaluasi strategi guru dalam mengatasi hambatan belajar Peserta didik Slow Learner Melalui Metode Participative Teaching And Learning di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo KEDIRI Skripsi ini disusun berdasarkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data berdasarkan observasi participan, wawancara mendalam dengan narasumber dan dokumentasi terkait observasi dan wawancara. Teknik pengabsahan data adalah uji kredibilitas meliputi kehadiran peneliti, dan observasi mendalam, Triangulasi meliputi sumber, metode/teknik, waktu, teori mendalam, uji transferability, dan uji kebergantungan (dependability) dan uji kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Perencanaan Strategi guru dengan metode Participative Teaching and Learning pada siswa kelas 1 ada perangkat pembelajaran seperti sumber ajar, media pembelajaran yang mencukupi, mereview materi yang akan diajarkan, dan menyiapkan stamina yang bagus. Sedangkan pada kelas 5 menyiapkan sumber ajar yang ada pada buku LKS dan media pembelajaran yang mendukung.2) Pada pelaksanaan Participative Teaching and Learning guru memulai salam dan berdoa bersama, pembelajaran berlangsung dengan mengingatkan pembelajaran yang dipelajari sebelumnya dan diberikan pengayaan dan diakhiri dengan kesimpulan bersama pembelajaran yang telah dipelajari dan berdoa bersama. 3) Guru melakukukan evaluasi pembelajaran sumatif dan formatif. Participative Teaching and Learning di kaitkan di evaluasi sumatif dan formatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203184 NUR LAILATUL BADRIYAH |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53114 |
Actions (login required)
View Item |