NADIATUL HAQ ALIFAH, 126405212128 and SISWAHYUDIANTO, 198406152023211019 (2025) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA SIDO ASIH WEDDING AND EVENT ORGANIZER TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Pada Sido Asih Wedding and Event Organizer Tulungagung” ini ditulis oleh Nadiatul Haq Alifah NIM 126405212128, dibawah bimbingan Siswahyudianto, M.M. Kata Kunci: POAC, Kualitas Pelayanan Jasa, Wedding and Event Organizer Perkembangan industri jasa di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan seiring perubahan gaya hidup masyarakat, termasuk dalam hal penyelenggaraan acara pernikahan. Wedding Organizer (WO) menjadi salah satu bentuk jasa yang kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama dalam mengelola prosesi pernikahan yang kompleks. Kabupaten Tulungagung sendiri menunjukkan tren permintaan jasa WO yang terus meningkat, seiring tingginya angka pernikahan setiap tahunnya. Dalam konteks ini, persaingan bisnis di bidang jasa pernikahan semakin ketat, sehingga setiap penyedia jasa dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan berbeda dari yang lain. Sido Asih memiliki ciri khas tersendiri yakni pakem konsep pernikahan adat Jawa telah tersertifikasi oleh Sanggar Kabudayaan Tulungagung. Ciri khas ini menjadi nilai jual utama yang membedakan Sido Asih dari para kompetitornya. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memeberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Strategi perencanaan (planning) di bidang organizer (2) Strategi pengorganisasian (organizing) di bidang organizer (3) Strategi pelaksanaan (actuating) di bidang organizer (4) Strategi pengawasan (controlling) di bidang organizer dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan jasa yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi yang berkaitan dengan proses pelayanan di Sido Asih Wedding Organizer. Fokus penelitian diarahkan pada empat aspek manajemen strategis: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sido Asih menerapkan strategi manajemen secara terstruktur dan konsisten dalam setiap proses pelayanan. (1) Strategi perencanaan (planning) melibatkan penyusunan rencana kerja, penentuan konsep acara sesuai kebutuhan klien, serta pemetaan risiko selama proses pelayanan. (2) Dalam aspek pengorganisasian (organizing) membentuk struktur kerja tim yang efisien dan melakukan pembagian tugas yang jelas. (3) Strategi pelaksanaan (actuating) dilakukan dengan cara koordinasi yang intensif antartim, pelatihan sumber daya manusia, serta penerapan komunikasi yang efektif dengan klien. (4) Sementara itu, strategi pengawasan (controlling) dijalankan melalui evaluasi layanan pascaacara, monitoring selama proses berlangsung, serta pemberian ruang bagi klien untuk menyampaikan umpan balik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405212128 NADIATUL HAQ ALIFAH |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:56 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |