ASTI NOVITASARI, 12201173244 (2024) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Asti Novitasari, 12201173244, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Pembelajaran baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII MTsN Trenggalek, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur'an Strategi guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an adalah suatu cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan suatu materi yang diberikan dengan Baca Tulis Al-Qur’an kepada peserta didik agar tujuan yang direncakan dapat tercapai. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang sadarnya anak zaman sekarang untuk tetap mempelajari Baca Tulis Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an adalah pedoman hidup dan Al-Qur’an bukan sekedar memuat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, serta manusia dengan alam sekitarnya. Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Trenggalek. Di sekolah ini diadakan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sebagai mata pelajaran muatan local. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa implementasi pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ), dilakukan dalam bentuk kaidah tajwid , latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Qur’an secara langsung didepan guru. Kemudian berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu ceramah, latihan (drill), pemberian tugas dan metode sorogan, yaitu siswa membaca di hadapan guru. Pembelajaran menulis di MTsN 2 Trenggalek kelas VII masih bersifat dasar, seperti cara membentuk huruf hijaiyyah menyambung dengan huruf lain dan tidak langsung praktik menulis ayat Al-Qur’an. Kaligrafi atau khot belum diajarkan di kelas VII.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173244 ASTI NOVITASARI |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:49 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53145 |
Actions (login required)
View Item |