STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 2 TRENGGALEK

ASTI NOVITASARI, 12201173244 (2024) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Asti Novitasari, 12201173244, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Pembelajaran baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII MTsN Trenggalek, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur'an Strategi guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an adalah suatu cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan suatu materi yang diberikan dengan Baca Tulis Al-Qur’an kepada peserta didik agar tujuan yang direncakan dapat tercapai. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang sadarnya anak zaman sekarang untuk tetap mempelajari Baca Tulis Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an adalah pedoman hidup dan Al-Qur’an bukan sekedar memuat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, serta manusia dengan alam sekitarnya. Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Trenggalek. Di sekolah ini diadakan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sebagai mata pelajaran muatan local. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa implementasi pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ), dilakukan dalam bentuk kaidah tajwid , latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Qur’an secara langsung didepan guru. Kemudian berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu ceramah, latihan (drill), pemberian tugas dan metode sorogan, yaitu siswa membaca di hadapan guru. Pembelajaran menulis di MTsN 2 Trenggalek kelas VII masih bersifat dasar, seperti cara membentuk huruf hijaiyyah menyambung dengan huruf lain dan tidak langsung praktik menulis ayat Al-Qur’an. Kaligrafi atau khot belum diajarkan di kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173244 ASTI NOVITASARI
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:49
Last Modified: 11 Sep 2024 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53145

Actions (login required)

View Item View Item