STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI ANAK DENGAN KECENDERUNGAN LAMBAT BELAJAR DI RA KUSUMA MULIA KANDANGAN

SILMATUNNISA', 12206183097 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI ANAK DENGAN KECENDERUNGAN LAMBAT BELAJAR DI RA KUSUMA MULIA KANDANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (439kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menghadapi Anak Lambat Belajar di RA Kusuma Mulia Kandangan” yang ditulis oleh Silmatunnisa, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kata Kunci: Strategi guru, Lambat belajar. Konteks penelitian ini adalah oleh sebuah kasus yang terjadi pada sekolah-sekolah umum yang menerapkan strategi pembelajaran khusus untuk menangani kesulitan- kesulitan yang dialami oleh siswa lambat dalam belajar maupun berinteraksi dengan sekitarnya. Dalam hal ini peneliti melihat masih banyak siswa yang masih bersekolah pada lembaga pendidikan umum yang pada realitanya tidak menerapkan penanganan khusus untuk mengatasi permasalahan siswa lambat belajar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menghadapi anak lambat belajar dalam pembelajaran daring di RA Kusuma Mulia Kandangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peelitian menunjukkan bahwa yaitu Strategi pembelajaran individualis di RA Kusuma Mulia Kandangan ini diterapkan khusus untuk menangani masalah belajar yang dihadapi oleh siswa lambat belajar yang masih berada di kelas terapi bersama dengan siswa-siswa yang memiliki masalah belajar lainnya dengan mengutamakan metode reward dan punishment. Selain itu juga terdapat strategi pembelajaran lain yakni, strategi pembelajaran inklusi untuk siswa-siswi lambat belajar yang mampu mengikuti pembelajaran sesuai dengan siswa-siswi reguler lainnya dan tidak memiliki ketunaan ganda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183097 SILMATUNNISA'
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:26
Last Modified: 11 Sep 2024 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53153

Actions (login required)

View Item View Item