PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMPN 2 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RISKHA YULIANTI, 2814133158 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMPN 2 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (804kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstract

ABSTRAK. Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Riskha Yulianti, NIM. 2814133158, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Matematika, Materi Himpunan. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik ke dalam kelas. Sedangkan hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung; (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasy Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung, teknik sampling dengan simple random sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-F dan VII-G. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman observasi, pedoman dokumentasi, dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Kemudian untuk mengetahui besar pengaruhnya menggunakan perhitungan effect size. Setelah penulis mengadakan penelitian, penulis mendapatkan data berupa nilai tes matematika. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Setelah data dianalisis dengan menggunakan perhitungan manual (sebelumnya diuji prasyarat homogenitas dan normalitas), didapatkan t_hitung sebesar 3,22655 dan t_tabel sebesar 1,1667 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan nilai t hitung dan nilai t tabel dapat dilihat bahwa t_hitung=3,22655≥t_tabel=1,1667 artinya H1 diterima atau adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata kelas didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,12 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70,24. Jadi rata-rata kelas eksperimen =80,12> rata-rata kelas kontrol =70,24. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan perhitungan effect size yang telah dilakukan dengan perhitungan secara manual diketahui bahwa besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 0,72402. Pada interpretasi tabel Cohen’s, nilai effect size sebesar 0,72402 berarti berpengaruh sebesar 76%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814133158 RISKHA YULIANTI
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:47
Last Modified: 06 Jul 2017 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item