PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI DALIL PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

LINTA JAZILA, 2814133101 (2017) PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI DALIL PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Quantum Teaching terhadap Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Materi Dalil Pythagoras Siswa Kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Linta Jazila dan dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Metode quantum teaching, prestasi belajar, dan kreativitas Untuk menghadapi tantangan global diperlukan orang-orang yang kreatif dan handal. Kreativitas merupakan produk berfikir kreatif yang layak digunakan di lembaga-lembaga formal seperti di sekolah. Untuk mewujudkan hasil yang diinginkan diperlukan memperhatikan metode dalam proses belajar mengajar. Metode yang cocok digunakan yaitu metode quantum teaching. Metode quantum teaching melibatkan siswa aktif secara langsung serta tidak membuat siswa merasa jenuh untuk belajar matematika. Metode quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh metode quantum teaching terhadap kreativitas matematika materi dalil pythagoras siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (2) ada tidaknya pengaruh metode quantum teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa materi dalil pythagoras kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (3) besar pengaruh metode quantum teaching terhadap kreativitas matematika materi dalil pythagoras siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (4) besar pengaruh metode quantum teaching terhadap prestasi belajar matematika materi dalil pythagoras siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Jenis penelitian ini menggunakan True Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII E di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil kreatifitas dan prestasi belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa dan nilai ujian tengah semester siswa kelas VIII A dan VIII E. Metode analisis data menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji t. Berdasarkan uji t tentang hasil kreativitas dari kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan metode quantum teaching diperoleh thitung = 2,701 dan ttabel = 2,045. Sehingga thitung ttabel yaitu 2,701 2,045 maka ada pengaruh metode quantum teaching terhadap kreativitas siswa . Besar pengaruhnya adalah 76%. Sedangkan untuk uji t tentang prestasi belajar dari kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan metode quantum teaching diperoleh thitung = 2,251 dan ttabel = 2,045. Sehingga thitung ttabel yaitu 2,251 2,045 maka ada pengaruh metode quantum teaching terhadap prestasi belajar siswa . Besar pengaruhnya adalah 73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode quantum teaching terhadap kreativitas matematika siswa materi dalil pythagoras kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, ada pengaruh metode quantum teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa materi dalil pythagoras kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 2814133101 LINTA JAZILA
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:21
Last Modified: 11 Jul 2017 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item