TRADISI PEMBACAAN SURAT AL-INSYIRAH (Kajian Living Qur’an Di Lembaga Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Kabupaten Gresik)

KURNIA WAHIDAH, 126301201015 (2024) TRADISI PEMBACAAN SURAT AL-INSYIRAH (Kajian Living Qur’an Di Lembaga Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Kabupaten Gresik). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (715kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Tradisi Pembacaan Surat Al-Insyirah (Kajian Living Qur’an di Lembaga Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Kabupaten Gresik)” yang ditulis oleh Kurnia Wahidah, NIM. 126301201015, jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Ahmad Saddad M.Ag. Kata Kunci: Al-Insyirah, Living Qur’an, Lembaga TPIU. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena living qur’an di lembaga taman pendidikan ihyaul ulum Cangaan. Seluruh siswa-siswi madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah diwajibkan untuk membaca surat al-Insyirah setiap hari. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana because motive dan in order motive dari tradisi tersebut. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi kepada kajian living qur’an di Indonesia. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah; (1) Bagaimana proses aktivitas dalam tradisi pembacaan surat al-Insyirah di lembaga taman pendidikan ihyaul ulum Cangaan? (2) Bagaimana transmisi dan transformasi dalam pembacaan surat al-Insyirah di lembaga taman pendidikan ihyaul ulum Cangaan? (3) Bagaimana persepsi dan pengaruh pembacaan surat al-Insyirah terhadap siswa dan guru di lembaga taman pendidikan ihyaul ulum Cangaan? Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses aktivitas, bagaimana transmisi dan transformasi, persepsi dan pengaruh, serta mengungkap bagaimana because motive dan in order motive dari tradisi pembacaan surat al-Insyirah terhadap siswa dan guru di lembaga taman pendidikan ihyaul ulum Cangaan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data-data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara tekhnik analisis data adalah menggunakan pendekatan teori fenomenologi Alfred Schutz untuk mengungkap praktik dan memaknai dari tradisi tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, proses aktivitas praktik pembacaan surat al-Insyirah dilaksanakan pada jam istirahat sebelum sholat dhuhah dimulai yang dibaca sebanyak-banyaknya sampai menunggu imam datang, setelah imam datang ditutup dengan bacaan surat at-Taubah ayat 128-129 tanpa basmallah yang dipimpin oleh salah satu siswa secara bergantian. Kedua, proses transmisi pembacaan surat al-Insyirah berawal dari Marwan yang diijazahi oleh KH. Mahfudz Syaubari, sedangkan transformasi yang penulis temukan dalam tradisi ini yakni Marwan ketika sowan ke ndalemnya KH. Mahfudz Syaubari disitu diijazahkan secara langsung lewat pembicaraan. Ketiga, persepsi dari guru dan siswa terkait because motive yakni mengingat Allah, mendapat pahala, mengikuti peraturan OSIS, mengetahui fadhillah yang terdapat dalam surat alInsyirah dan in order motive yakni istiqomah, hati menjadi lebih tenang, mendapatkan fadhillah dari surat al-Insyirah, meningkatkan Iman kepada Allah, memudahkan dalam menghafal dan tidak mudah lupa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 126301201015 KURNIA WAHIDAH
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:37
Last Modified: 17 Sep 2024 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53241

Actions (login required)

View Item View Item