PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTsN 3 BLITAR

LAILATUL JANNAH, 126201201059 (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (536kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih banyaknya nilai siswa yang belum mencapai diatas kkm yang telah ditetapkan oleh sekolah, rendahnya nilai siswa disebabkan karena masih banyak yang tidur di dalam kelas, keluar masuk kelas, dan berbicara dengan sesama temanya pada jam pelajaran sedang berlangsung. Selain itu guru dalam mengajar belum menggunakan metode bervariasi sehingga masih bersifat menonton, yang dalam kegiatan belajar mengajar banyak didominasi metode ceramah. Untuk itu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar adalah dengan menggunakan metod make a match dalam pembelajaran Al Quran hadits. Rumusan masalah ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan pembelajaran Make A Match terhadap Minat peserta didik pada mata pelajaran Al Quran hadits di MTsN 3 Blitar ? (2) Adakah pengaruh penerapan pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran hadits di MTsN 3 Blitar? (3) Adakah pengaruh penerapan pembelajaran Make A Match terhadap Minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran hadits di MTsN 3 Blitar? Tujuan penelitian ini adalah Untuk (1) membuktikan pengaruh penerapan pembelajaran Make A Match terhadap Minat peserta didik pada mata pelajaran Al Quran hadits di MTsN 3 Blitar. (2) membuktikan pengaruh penerapan pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran hadits di MTsN. Blitar (3) membuktikan apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran Make A Match terhadap Minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran hadits di MTsN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensial dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode make a match. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen soal test, angket, observasi dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji himogenitas dan uji hipotesis, uji T dan manova. Hasil penelitian ini Dapat dilihat melalui uji hipotesis 1 nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,026 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, bahwa Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran make a match terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTsN 3 Blitar. Untuk uji hipotesis 2 nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,013 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, bahwa Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTsN 3 Blitar. Dan untuk uji manova nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau 0,025 < 0,05. Sehingga keputusan Ha diterima. Dengan demikian bahwa adanya Pengaruh Metode Pembelajaran Make a Match terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits di MTsN 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201059 LAILATUL JANNAH
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:45
Last Modified: 17 Sep 2024 01:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53244

Actions (login required)

View Item View Item