Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek

Matnatin Khasanah, 2817133101 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek” ini dituliskan oleh Matnatin Khasanah, NIM. 2817133101, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match, Hasil Belajar Aqidah Akhlak. Latar Belakang Penelitian: Berdasarkan Pengamatan awal yang ditemukan ada beberapa kendala diantaranya: 1) siswa bosen, jenuh dan kurang antusias mengikuti pelajaran karena guru menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah); 2) suasana kelas yang ramai; 3) nilai siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Dalam pembelajaran guru lebih menggunakan model yang yang tradisional yaitu model konvensional atau ceramah.Karena dianggap model ini model yang tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya, guru tidak memperttimbangkan apakah siswa paham dengan materinya sehingga nilai Aqidah Akhlak masih banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu dibawah 75. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna (Al-mukmin, Al-azim, Al-Hadi, Al-Adlu dan Al-Hakam) pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna (Al-mukmin, Al-azim, Al-Hadi, Al-Adlu dan Al-Hakam) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna (Al-mukmin, Al-azim, Al-Hadi, Al-Adlu dan Al-Hakam) pada peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil Belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna(Al-mukmin, Al-azim, Al-Hadi, Al-Adlu dan Al-Hakam) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek, sebagai pertimbangan dalam rangka peningkatan mutu pengajaran yang optimal, bagi pendidik MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek, untuk mempermudah dalam menyampaikan materi. Bagi peserta didik MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek dapat dijadikan sebagai motivasi dalam belajar dan untuk meningkatkan hasil belajarnya, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan masukan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek.Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pre test, siklus I ke siklus IIyaitu nilai rata-rata hasil belajar pada pre test tes 60,83(20,83% ), siklus I adalah 75,6 (58,33 %) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 83 (87,5%) dan berada pada kriteria sangat baik.. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Make a match meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna siswa kelas IV MI Nurul huda dawuhan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133101 matnatin khasanah
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:41
Last Modified: 07 Jul 2017 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5326

Actions (login required)

View Item View Item