PENGEMBANGAN KARYA MEDIA GLOW MAGIC BOX UNTUK MENSTIMULASI DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL DENGAN TEMA AKU CINTA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-KHODIJAH SERUT

NUR WIDYA PUTRI, 126206202025 (2024) PENGEMBANGAN KARYA MEDIA GLOW MAGIC BOX UNTUK MENSTIMULASI DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL DENGAN TEMA AKU CINTA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-KHODIJAH SERUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengembangan Karya Media Glow Magic Box untuk Menstimulasi Dimensi Berkebhinekaan Global dengan Tema Aku Cinta Indonesia usia 5-6 tahun di TK AL-Khodijah Serut “ ini ditulis oleh Nur Widya Putri, NIM. 126206202025. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2024. Dosen Pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Karya Media Glow Magic Box, Menstimulasi Dimensi Berkebhinekaan Global Tema Aku Cinta Indonesia Usia 5- 6 Tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang sudah menggunakan kurikulum merdeka belajar dimana anak bisa memilih proyek mana yang akan dikerjakan namun adanya permasalahan pada sekolah TK AL-Khodijah Serut. Khususnya dikelompok B usia 5-6 tahun, dimana pada proses pembelajaran dikelas media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan LKA, sehingga masih kurang dalam pembelajaran untuk mendapatkan hal yang baru. Adanya media dapat membantu peserta didik dalam menstimulasi yang ada pada diri anak. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah 1) Untuk mengetahui karakteristik karya media Glow Magic Box untuk menstimulasi dimensi berkebhinekaan global dengan tema aku cinta indonesia usia 5-6 tahun, 2) untuk mengetahui kelayakan karya media Glow Magic Box untuk menstimulasi dimensi berkebhinekaan global dengan tema aku cinta indonesia usia 5-6 tahun, 3) untuk mengetahui kepraktisan karya media Glow Magic Box untuk menstimulasi dimensi berkebhinekaan global dengan tema aku cinta indonesia, 4) untuk mengetahui keefetifitasan karya media Glow Magic Box dengan tema aku cinta indonesia usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model penelitian Borg and Gall meliputi langkah-langkah sebagai berikut: mencari potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian, final produk. Validasi dilakukan oleh para ahli. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Metode yang dilakukan penelitian adalah metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian pada karya media Glow Magic Box dalam serangkaian validasi dinyatakan layak yaitu validasi ahli materi memperoleh nilai 92,8% produkini sangat layak digunakan, validasi ahli media mendapatkan nilai 94,6% produk ini sangat layak digunakan, validasi ahli dimensi berkebhinekaan global memperoleh nilai 90% produk ini sangat layak digunakan, dan ahli kepraktisan memperoleh nilai 94,2% produk ini sangat layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media sangat layak untuk digunakan pembelajaran dan media sangat efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202025 NUR WIDYA PUTRI
Date Deposited: 25 Sep 2024 05:04
Last Modified: 25 Sep 2024 05:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53291

Actions (login required)

View Item View Item