PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 11 BLITAR

BINTI WAFIROH, 126205203223 (2024) PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar” ini ditulis oleh Binti Wafiroh, NIM 126205203223, Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Pembiasaan, Sholat Dhuha, Nilai-Nilai Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang yaitu membina dan membangun karakter pada peserta didiknya. Pendidikan merupakan cara yang paling tepat untuk mengatasi terkikisnya atau hilangnya karakter bangsa. Upaya penanaman karakter sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Oleh karena itu untuk membangun karakter peserta didik, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar memiliki program keagamaan berupa pembiasaan sholat dhuha berjamaah yang dilakukan rutin setiap hari. Shalat dhuha berjamaah berguna untuk menanamkan pendidikan karakter sebagai pembiasaan dan memberikan latihan keagamaan, sehingga diharapkan nantinya peserta didik akan tumbuh menjadi peserta didik yang berkarakter. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa nilai karakter yang ditanamkan melalui pembiasaan sholat dhuha berjama’ah pada peserta didik di MIN 11 Blitar? (2) Bagaimana upaya pembiasaan sholat dhuha berjama’ah dalam penanaman nilai karakter peserta didik di MIN 11 Blitar? (3) Bagaimana dampak pembiasaan sholat dhuha berjama’ah dalam penanaman nilai karakter peserta didik di MIN 11 Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendiskripsikan nilai karakter apa yang ditanamkan melalui pembiasaan sholat dhuha berjama’ah pada peserta didik di MIN 11 Blitar. upaya pembiasaan sholat dhuha berjama’ah dalam penanaman nilai karakter peserta didik di MIN 11 Blitar, dan dampak pembiasaan sholat dhuha berjama’ah dalam penanaman nilai karakter peserta didik di MIN 11 Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer adalah wawancara dan observasi kegiatan sholat dhuha berjamaah di MIN 11 Blitar. Sumber data sekunder adalah dokumentasi kegiatan sholat dhuha di MIN 11 Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan teknis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai karakter yang tertanam dan yang dikembangkan melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah adalah: Religius, Disiplin, Tanggung jawab, Jujur, Bersahabat/Komunikatif. (2) Upaya penanaman nilai-nilai karakter melalui pembiasaan sholat dhuha berjamaah adalah: metode pembiasaan yaitu peserta didik dibiasakan melaksanakan sholat dhuha berjamaah, metode pemberian punishment atau pemberian hukuman yaitu upaya yang dilakukan agar peserta didik disiplin, pendekatan dan pengembangan yaitu upaya mengembangkan nilai-nilai karakter kedalam kegiatan selain pembiasaan sholat dhuha berjamaah. (3) Dampak pembiasaan sholat dhuha berjamaah dalam penanaman nilai-nilai karakter adalah: karakter yang ditanamkan dan dimiliki oleh peserta didik dapat mencegah dampak negatif dari perkembangan globalisasi, peserta didik jadi terbiasa sholat dhuha tidak hanya di madrasah akan tetapi juga di rumah sehingga nilai-nilai karakter yang tertanam melalui pembiasaan sholat dhuha dapat bermanfaat tidak hanya dilingkungan pendidikan akan tetapi dikehidupan bermasyarakat dan dunia pekerjaan nantinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203223 BINTI WAFIROH
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:58
Last Modified: 20 Sep 2024 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53307

Actions (login required)

View Item View Item