PENGARUH STATREGI THINK TALK WRITE PADA KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

WAHYUNI LISTRIANINGSIH, 12210173061 (2024) PENGARUH STATREGI THINK TALK WRITE PADA KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (679kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Think Talk Write pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Wahyuni Listrianingsih, NIM 12210173061 Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Univesitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Dra. Siti Zumrotul Maulida. M.Pd.I. Kata kunci: Think Talk Write, Pembelajaran, Keterampilan Menulis Teks Ekposisi. Pembelajaran menulis mempunyai peranan yang sangat penting dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Peran penting menulis tidak hanya digunakan sebagai sarana belajar namun juga digunakan untuk menunjang aktivitas kehidupan saat ini dan pada saat memasuki dunia kerja. Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara siswa yang mengikuti pembeljaran dengan menggunakan Think Talk Write dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Think Talk Write. Tujuan yang kedua penerapan dalam pembelajaran teks eskposisi dengan menggunakan srategi Think Talk Write ini ada perubahan dalam memaparkan hasil menulis teks esksposisi. Rumusan masalah dari penulisan ini adalah bagaimanakah pengaruh strategi Think Talk Write dalam kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Think Talk Write terthadap kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VIII-A dan VIII-B dengan menggunakan jenis sampel Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jadi alasan menggunakan teknik sampling jenuh adalah peneliti memerlukan semua siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data terdapat hasil penelitian yaitu pengaruh kearah yanh positif dan hasil yang signifikan antara penerapan strategi Think Talk Write dengan pembelajaran menulis teks deskripsi. Hal ini diujikan melalui uji t yang bisa dilakukan dengan menggunakan SPPS 27, yakni menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk karena sampel yang diteliti kurang dari 50 orang. Uji normalitas Shapiro Wilk dengan signifikan sebesar 0,321 dan kelas esperimen menunjukkan signifikan sebesar 0,430. Jadi Hi berditribusi normal. Jadi strategi Think Talk Write mempunyai pengaruh dalam proses pembelajaran menulis teks eskposisi dan efektif untuk digunakan sehingga dapat disimpulkan bahwa startegi Think Talk Write sangat berpengaruh terhadap penulisan teks eskposisi dengan nilai rata-rata kelas kontrol 67,1 dan nilai rata rata kelas eksperimen 87,2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173061 WAHYUNI LISTRIANINGSIH
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:27
Last Modified: 21 Sep 2024 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53316

Actions (login required)

View Item View Item