KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

SAYIDATUL CHASANAH, 126204202127 (2024) KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER-1-6.pdf

Download (739kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan literasi numerasi dalam menyelesikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) Materi Aljabar kelas VII MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Sayidatul Chasanah, NIM 126204202127, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si.,M.Sc. Kata kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Menyelesaikan Soal , HOTS, Aljabar Fenomena yang banyak dijumpai sekarang ini adalah budaya literasi yang masih rendah, belum membudaya, dan belum mendarah daging dikalangan masyarakat. Penguasaan enam literasi dasar menjadi sangat penting tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orang tua dan seluruh warga masyarakat. Enam literasi dasar tersebut mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. Salah satu cakupan yang ada dalam matematika adalah literasi numerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa kategori tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS (2) Mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa kategori sedang dalam menyelesaikan soal HOTS (3) Mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa kategori rendah dalam menyelesaikan soal HOTS Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dari 15 siswa kelas VII-C dengan mengambil 6 subjek. Pengambilan subjek berdasarkan hasil tes dan rekomendasi dari guru di MTsN 8 Tulungagung dan hasil tes. Adapun subjek diambil berdasarkan kriteria kemampuan siswa yaitu tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi aljabar berbeda antara siswa yang mempunyai kemampuan literasi numerasi tinggi, sedang dan rendah. (1) Siswa dengan kemampuan literasi numerasi tinggi mampu memenuhi 3 indikator, yaitu mampu menggunakan angka dan simbol untuk memecahkan masalah praktis, menganalisis informasi dalam berbagai bentuk ( gambar, dan tabel) dan menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. (2) Siswa dengan kemampuan literasi numerasi sedang mampu memenuhi dua capaian indikator kemampua literasi numerasi yaitu, mampu menggunakan angka dan simbol untuk memecahkan masalah praktis, menganalisis informasi dalam berbagai bentuk ( gambar dan tabel). (3) Siswa dengan kemampuan literasi numerasi rendah hanya mampu memenuhi satu capaian indikator kemampua literasi numerasi yaitu, mampu menggunakan angka dan simbol untuk memecahkan masalah praktis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202127 SAYIDATUL CHASANAH
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:24
Last Modified: 13 Sep 2024 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53319

Actions (login required)

View Item View Item