KEEFEKTIFAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII MTs PSM TANEN

DEWI RATNASARI, 12210173029 (2024) KEEFEKTIFAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII MTs PSM TANEN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (702kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Keefektifan Media Sparkol Videoscribe terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs PSM Tanen” yang ditulis oleh Dewi Ratnasari, NIM 12210173029, Progam Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulida. M.Pd.I. Kata Kunci: keefektifan, media sparkol videoscribe, menulis puisi Aplikasi sparkol videoscribe adalah sebuah aplikasi yang muncul akibat perkembangan teknologi di dunia pendidikan guna mendukung sistem pembelajaran bagi para pegiat pendidikan, seperti guru, siswa, mahasiswa, dosen. Media sparkol videoscribe merupakan media interaktif yang berbentuk animasi yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris. Sejauh ini, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs PSM Tanen masih rendah. Hal tersebut disebabkan penggunaan metode pembelajaran ceramah dan media pembelajaran papan tulis sehingga sebagian siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, sulit memunculkan ide dan asik berbicara dengan teman yang lain. Salah satu upaya dalam mengatasi kendala tersebut dengan menerapkan media sparkol videoscribe dalam pembelajaran menulis puisi. Dengan demikian, peneliti tertarik meneliti keefektifan media sparkol videoscribe dalam aktivitas menulis puisi. Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa tes. Sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa yang terpilih, sedangkan teknik analisis data penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired samples test. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan media sparkol videoscribe terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTs PSM Tanen. Hasil penelitian ini menujukan bahwa penggunaan media sparkol videoscribe pada pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII B di MTs PSM Tanen efektif. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji paired samples test yang menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media sparkol videoscribe efektif digunakan pada kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII B MTs PSM Tanen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173029 DEWI RATNASARI
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:52
Last Modified: 21 Sep 2024 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53321

Actions (login required)

View Item View Item