TIKA ICHSANTI, 126205203211 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI JAM’IYATUT THOLIBIN DARUNGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran idealnya menggunakan media yang inovatif agar siswa mampu menerima pembelajaran dengan baik. Ada beberapa guru yang masih mengajar dengan media konvensional. Salah satu model pembelajaran inovatif untuk pengajaran di tingkat dasar adalah model picture and picture. Model Pembelajaran Picture and picture ini menggunakan media gambar, yang ditekankan pada media gambar ini adalah proses dan cara berpikir serta memilah gambar yang tersedia. Model pembelajaran picture and picture melibatkan banyak siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam belajar. Model pembelajaran dapat menunjang proses pembelajaran yang baik sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Gambaran umum model pembelajaran IPS di MI Jam’iyatut Tholibin Darungan, 2) Penerapan model pembelajaran Picture and picture di MI Jam’iyatut Tholibin Darungan, 3) Pengaruh terhadap model pembelajaran IPS di MI Jam’iyatut Tholibin Darungan. model pembelajaran picture and picture terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di MI Jam'iyatut Tholibin Darungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MI Jam’iyatut Tholibin Darungan dengan sampel kelas A dan B. Instrumen angket yang digunakan dalam penelitian berupa angket motivasi belajar (sebelum dan sesudah). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji realitas), uji prasyarat (uji homogenitas, uji normalitas), dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran masih menggunakan model konvensional. 2) Penerapan model pembelajaran picture and picture pada kelas eksperimen siswa merespon dengan baik dan sangat aktif dalam proses pembelajaran. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar siswa. Diinterpretasikan sesuai kriteria 0,004 < 0,05. Maka dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203211 TIKA ICHSANTI |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 02:47 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53327 |
Actions (login required)
View Item |