ANALISIS GAYA BELAJAR MAHASISWA THAILAND DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LILIS APRILIYA, 126210201027 (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR MAHASISWA THAILAND DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Thailand di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung”. Ditulis oleh Lilis Apriliya, NIM 126210201027, program studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing skripsi Dra. Siti Zumrotul Maulida, M. Pd.I. Kata kunci: gaya belajar, mahasiswa Thailand. Gaya belajar merupakan cara yang efektif dan efisien dalam melakukan kegiatan berfikir, berproses, dan mengerti suatu informasi. Berdasarkan prosesnya, setiap orang memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda-beda untuk mengelola suatu informasi yang didapatkan dengan cepat dan mudah dipahami. Hal ini memiliki efek besar pada tingkat pencapaian hasil prestasi. Demikian pula yang terjadi pada mahasiswa Thailand yang sedang menempuh studi di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengadakan penelitian tentang gaya belajar untuk mengetahui berbagai macam gaya belajar yang diterapkan pada saat proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa asing Thailand di UIN SATU Tulungagung, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi gaya belajar mahasiswa asing Thailand di UIN SATU Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di tempat tinggal mahasiswa asing Thailand dengan subjek mahasiswa asing Thailand yang berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan wawancara. Data di analisis dengan menggunakan model dari Miles & Huberman yaitu mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tujuh mahasiswa Thailand terdapat tiga gaya belajar yang dominan muncul yaitu gaya belajar visual yang ditunjukkan tiga dari tujuh mahasiswa yang memilih gaya belajar tersebut. Kemudian dua gaya belajar auditorial, dan dua lainya gaya belajar kinestetik. Tipe gaya belajar yang lebih banyak digunakan yaitu visual, disusul audiotori kemudian kinestetik. Faktor yang memengaruhi gaya belajar antara lain kondisi fisik, minat dan motivasi, fasilitas pendukung pembelajaran, serta kondisi lingkungan sekitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210201027 LILIS APRILIYA
Date Deposited: 21 Sep 2024 03:18
Last Modified: 21 Sep 2024 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53340

Actions (login required)

View Item View Item