IMPLEMENTASI METODE AKTIF-REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

WILUDJENG KARTIKA ARUM, 126210202100 (2024) IMPLEMENTASI METODE AKTIF-REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Aktif-Reflektif, Pembelajaran Menulis, Teks Cerpen Penelitian ini membahas implementasi metode Aktif-Reflektif dalam pembelajaran menulis teks cerpen bagi siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metode aktif-reflektif pada siswa kelas IX SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini dilandasi oleh keinginan untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana pembelajaran menulis teks cerpen dengan metode aktif- reflektif sehingga mampu menghasilkan lulusan yang dapat menulis cerpen dengan baik serta untuk mendukung pencapaian tujuan kurikulum dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan tentang implementasi metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas IX SMPN 1 Kalidawir Tulungagung, sehingga data yang diperoleh perlu dijabarkan secara rinci dan jelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Aktif-Reflektif efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa, kualitas penulisan cerpen, serta motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia telah dilaksanakan dengan baik melalui persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi, dan metode pembelajaran yang tepat. Pelaksanaan pembelajaran ini mengikuti tiga tahap utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, yang berhasil menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan partisipatif serta mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Evaluasi pembelajaran melalui pembuatan cerpen oleh siswa menunjukkan bahwa siswa berhasil melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), mencerminkan efektivitas metode pengajaran aktif-reflektif. Secara keseluruhan, implementasi metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis cerpen ini dilakukan dengan sistematis dan sesuai prinsip-prinsip dasar metode, serta menunjukkan hasil yang positif dalam keterampilan menulis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini mengindikasikan bahwa metode aktif-reflektif efektif dan dapat diandalkan untuk pembelajaran menulis cerpen di tingkat SMP.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202100 WILUDJENG KARTIKA ARUM
Date Deposited: 21 Sep 2024 05:52
Last Modified: 21 Sep 2024 05:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53380

Actions (login required)

View Item View Item