EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

SALIS QURROTUL A'YUN, 2814133169 (2017) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (868kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Alat Peraga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTs Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Salis Qurrotul A’yun, NIM: 2814133169, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Alat Peraga, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Pembelajaran matematika di sekolah dengan kurikulum 2013 masih mengalami kesulitan bagi guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Sehingga mengakibatkan siswa sulit memahami dengan baik apa yang mereka pelajari. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga. Dengan menggunakan alat peraga sebagai alat bantu dalam mengajar, siswa dapat memahami konsep abstrak matematika yang disajikan dalam bentuk konkret serta mengajak siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 3) untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) tes, 2) kuesioner, 3) dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebgai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika pada materi aritmatika sosial, diperoleh nilai F adalah 18,629 dengan signifikansi 0,000, dimana 0,000 < 0,05. (2) metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial, diperoleh nilai F adalah 5,630 dengan signifikansi 0,021, dimana 0,021 < 0,05. (3) metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial, diperoleh nilai F adalah 10,960 dengan signifikansi 0,000, dimana 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial menunjukkan efektivitas yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah guru diharapkan dapat membuat situasi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa dengan cara mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133169 Salis Qurrotul A'yun
Date Deposited: 07 Jul 2017 03:29
Last Modified: 07 Jul 2017 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item