PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT, DRUMBAND, DAN SHOLAWAT TERHADAP PERKEMBANGAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SUCI NURHANI'AH, 12205193052 (2024) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT, DRUMBAND, DAN SHOLAWAT TERHADAP PERKEMBANGAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Suci Nurhani’ah, 2024, Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat, Drumband, Dan Sholawat Terhadap Perkembangan Ranah Psikomotorik Siswa DI MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci: Ekstrakurikuler, Pencak Silat, Drumband, Sholawat, Psikomotorik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan psikomotorik siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pencak silat, drumband, dan sholawat. Kurangnya perhatian guru mengenai perkembangan psikomotorik siswa pada proses kegiatan ekstrakurikuler. Hal tersebut terlihat ketika observasi dan hasil pretest siswa. Sehingga peneliti melakukan pengujian pretest-posttest kemampuan kecepatan, kelincahan, dan kekuatan siswa dan memberikan perlakuan guna melihat perkembangan psikomotorik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, drumband, dan sholawat terhadap perkembangan ranah psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler drumband terhadap perkembangan ranah psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (3) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler sholawat terhadap perkembangan ranah psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (4) Perbedaan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, drumband, dan sholawat terhadap perkembangan ranah psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat, drumband, dan sholawat di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, yang terdiri dari 11 siswa ekstrakurikuler pencak silat, 11 siswa ekstrakurikuler drumband, 11 siswa ekstrakurikuler sholawat, sehingga total sampel pada penelitian ini sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenih, yaitu teknik digunakan ketika populasi penelitiannya yang relative kecil. Hasil analisis Uji Independent Sumple T-test diperoleh bahwa (1) adanya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap perkembangan ranah psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates, dengan hasil nilai sig 0,000 < 0,05. (2) adanya pengaruh kegiatan kegiatan ekstrakurikuler drumband terhadap perkembangan ranah psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates, dengan hasil nilai sig 0,000 < 0,05. (3) adanya pengaruh kegiatan kegiatan ekstrakurikuler sholawat hadrah al-banjari terhadap perkembangan ranah psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates, dengan hasil nilai sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan dari Uji Independent Sumple T-test bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, jadi terdapat pengaruh perkembangan psikomotorik siswa pada ketiga ekstrakurikuler tersebut. (4) terdapat adanya perbedaan pengaruh kegiatan ekstrakurikuer pencak silat, drumband, dan sholawat terhadap perkembangan psikomotorik siswa di MI Hidayatul Mubtadiin, hal ini dilihat dari Uji Lanjut atau Posh Hoc Test dengan hasil bahwa ekstrakurikuler pencak silat terhadap ekstrakurikuler drumband dengan nilai sig 1.000 > 0,05 maka tidak ada perbedaan yang signifikan. Ekstrakurikuler sholawat terhadap ekstrakurikuler pencak silat dengan nilai sig 0,038 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan. Ekstrakurikuler drumband terhadap ekstrakurikuler sholawat dengan nilai sig 0,233 > 0,05 maka tidak ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193052 SUCI NURHANI'AH
Date Deposited: 21 Sep 2024 06:26
Last Modified: 21 Sep 2024 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53401

Actions (login required)

View Item View Item