PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV DI MI TARBIYATUSSIBYAN

MA'RIFATUL AINIYAH, 126205202092 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV DI MI TARBIYATUSSIBYAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas IV di MI Tarbiyatussibyan” ini ditulis oleh Ma’rifatul Ainiyah, NIM 126205202092, pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kahoot, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar yang dialami oleh siswa sebesar 27% untuk kategori sedang, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Pembelajaran yang masih mengunakan model konvensional dan kurangnya media pembelajaran dapat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Media pembelajaran kahoot berupa kuis pertanyaan dan dijadikan sebagai assessment. Adanya media pembelajaran tersebut dapat mendukung proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menarik minat siswa dan akan berpengaruh juga terhadap hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) gambaran pembelajaran PKN dengan menggunakan media pembelajaran berbasis kahoot terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN siswa kelas IV di MI Tarbiyatussibyan 2) Untuk mengetahui pelaksanaan media pembelajaran berbasis kahoot terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN siswa kelas IV di MI Tarbiyatussibyan 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis kahoot terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tarbiyatussibyan dengan sampel kelas A dan B. Instrumen angket yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji instrument (uji validitas dan uji realibitas), uji prasyarat (uji homogenitas, uji normalitas), dan uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Model pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional dan belum menggunakan media pembelajaran 2) Pelaksanaan media pembelajaran kahoot di kelas eksperimen para siswa merespon dengan baik dan aktif dalam proses pembelajaran. 3) Terdapat pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap minat belajar siswa. Diartikan sesuai dengan kriteria bahwa 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan untuk hasil belajarnya menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran kahoot terhadap hasil belajar. Diartikan sesuai dengan kriteria bahwa 0,050 > 0,05. Maka dapat dinyatakan Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202092 MA'RIFATUL AINIYAH
Date Deposited: 21 Sep 2024 07:27
Last Modified: 21 Sep 2024 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53412

Actions (login required)

View Item View Item