IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK AL-QUR'AN BAGI ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI KASUS DI TK PLUS HASYIM ASY'ARI BLITAR)

SIFA' KURNIA NURLAILI, 126206202061 (2024) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK AL-QUR'AN BAGI ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI KASUS DI TK PLUS HASYIM ASY'ARI BLITAR). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Al-Qur’an Bagi Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Di TK Plus Hasyim Asy’ari Blitar) yang ditulis oleh Sifa’ Kurnia Nurlaili, NIM 12620620206, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), dibimbing oleh Ahmad Mushlih, M.Pd. Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, Anak Usia Dini Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya penerapan metode dalam proses hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an. metode yang tepat akan berpengaruh pada peningkatan hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an. Salah satu metode dalam hafalan yaitu metode An-Nahdliyah. Metode ini memiliki keunikan tersendiri dari metode-metode yang lain, karena metode ini memiliki sistem ketukan yang memudahkan anak dalam menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an. Penelitian ini di lakukan di TK Plus Hasyim Asy’ari karena TK ini terdapat kelas peminatan yaitu kelas tahfidz yang memfokuskan ke dalam hafalan surat-surat pendek dengan metode An-Nahdliyah. Tujuan penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut: (1)Bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an pada siswa TK Plus Hasyim Asy’ari?. (2)Apa manfaat metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an pada siswa TK Plus Hasyim Asy’ari?. (3)Apa faktor pendukung, penghambat dan solusi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an pada siswa TK Plus Hasyim Asy’ari?. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis yang digunakan studi kasus, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an di TK Plus Hasyim Asy’ari terdapat beberapa metode penyampaiannya yaitu: menyetorkan hafalan (talaqqi), metode mendengar (sima’i), metode menghafal ayat baru (wahdah), metode mengulang bacaan (talqin), metode muraja’ah dan metode sambung ayat. (2) Manfaat metode An-Nahdliyah sendiri yaitu dengan ketukan berirama dalam penerapannya sehingga sangat menarik dan mudah untuk ditirukan oleh anak. (3) Faktor pendukung, penghambat dan solusi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an di TK Plus Hasyim Asy’ari. a) Faktor pendukung dari penerapan metode An-Nahdliyah yaitu dengan dukungan orang tua, kesungguhan anak dalam belajar, bekal belajar dari rumah atau TPQ, konsentrasi saat muraja’ah, pemilihan metode yang tepat. b) Faktor penghambatnya yaitu tidak ada bekal belajar dari rumah atau TPQ, tidak bersungguh-sungguh saat menghafal, dan tidak berkonsentrasi. c) Solusi untuk mengatasi hambatan yaitu, ketika libur guru memberikan tugas hafalan dan memberi sanksi pada anak yang tidak bersungguh-sungguh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202061 SIFA' KURNIA NURLAILI
Date Deposited: 21 Sep 2024 03:41
Last Modified: 21 Sep 2024 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53427

Actions (login required)

View Item View Item