PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS MULTIMEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 MI AL-HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR

CENDY IRA RAHMAWATI, 126205203271 (2024) PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS MULTIMEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 MI AL-HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (723kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengembangan Komik Berbasis Multimedia Powerpoint pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir ini ditulis oleh Cendy Ira Rahmawati, NIM. 126205203271, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Muhammad Ja’far As-Shodiq., S.Kom, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Komik, Berbasis Multimedia, Teks Eksplanasi Penelitian yang berjudul “Media Komik Berbasis Multimedia dengan Powerpoint pada Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas 5 MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir “ ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penggunaan teknologi dan media interaktif seperti komik berbasis multimedia dengan Powerpoint diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui desain komik berbasis multimedia powerpoint pada pembelajaran bahasa indonesia meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir. 2) Untuk mengetahui kelayakan komik berbasis multimedia powerpoint pada pembelajaran bahasa indonesia meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir. 3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan komik berbasis multimedia powerpoint pada pembelajaran bahasa indonesia meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan : 1) komponen yang terdapat pada komik berbasis multimedia powerpoint slide awal terdapat judul komik, slide kedua terdapat capaian pembelajaran, slide ketiga terdapat pengenalan tokoh, slide keempat sampai slide ke 10 terdapat isi dari cerita tentang materi yang dibahas, dan slide kesebelas atau terakhir berisi penutup atau salam dari ibu guru. 2) Kelayakan komik berbasis multimedia powerpoint mendapatkan respon yang positif berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan 39,46 dengan presentase sebesar 87,67%. Adapun komentar dari siswa yaitu gambar-gambar pada komik terlihat bagus, materi pada komik mudah dipahami, dan tulisan pada komik jelas dan mudah dibaca. 2) Media komik berbasis multimedia dengan powerpoint dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan uji keefektifan menggunakan hasil soal pre test dan post test. Rata-rata nilai pre test sebesar 65,4, sedangkan rata-rata nilai post test sebesar 80,8 dengan selisih 15,4. Selanjutnya berdasarkan perhitungan dan analisis uji paired t-test dengan menggunakan aplikasi spss 26.0 for windows diperoleh nilai signifikansi lebih dari 0,05 atau hasil yang diperoleh 0,200 > 0,05 sehingga menunjukkan bahwa media komik berbasis multimedia dengan powerpoint efektif sebagai media pembelajaran untuk materi teks eksplanasi pada pembelajaran bahasa indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203271 CENDY IRA RAHMAWATI
Date Deposited: 21 Sep 2024 10:03
Last Modified: 21 Sep 2024 10:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53438

Actions (login required)

View Item View Item