DIMAS IRVANUDIN, 12204193248 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS VIII SMPN 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Kelas VIII di SMPN 1 Sanankulon Blitar” ini ditulis oleh Dimas Irvanudin, NIM. 12204193248, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Analogi, Gaya Kognitif, reflektif dan impulsif Penalaran merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun kemampuan penalaran siswa masih tergolong rendah. Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan penalaran yaitu menggunakan metode analogi. Analogi merupakan suatu konsep berfikir atau bernalar tentang hal baru yang diperoleh dari suatu hal yang sudah diketahui siswa sebelumnya dengan memperhatikan persamaan antara dua hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka kemampuan penalaran analogi matematis berpengaruh dalam menyelesaikan masalah matematika dan dalam hal ini peneliti menghubungkan penalaran analogi dengan gaya kognitif siswa (reflektif dan impulsif). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar. (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII-B SMPN 1 Sanankulon. Pengambilan subjek ini menggunakan tes MFFT (Matching Familiar Figures Tes) dimana terdapat subjek 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan menggunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika mampu memenuhi semua tahapan indikator analogi yakni tahap encoding, inferring, mapping, dan applying. Pada siswa reflektif dalam menjawab membutuhkan waktu lebih lama dan lebih teliti sehingga jawaban yang dihasilkan cenderung benar. Sedangkan kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah matematika hanya mampu menyelesaikan tahapan mapping dan applying. Pada siswa impulsif dalam menjawab membutuhkan waktu yang lebih cepat dan kurang teliti dalam menjawab sehingga jawaban yang dihasilkan cenderung kurang tepat
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193248 DIMAS IRVANUDIN |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53474 |
Actions (login required)
View Item |