KEMAMPUAN BERPIKIR REFRAKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH STATISTIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY KELAS VIII B MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

ASVINDA KHOIRUR ROSIDAH, 12204193162 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR REFRAKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH STATISTIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY KELAS VIII B MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Refraktif dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII B MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Asvinda Khoirur Rosidah, NIM. 12204193162, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Refraktif, Pemecahan Masalah, Self Efficacy Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP/MTs masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari cara siswa dalam memecahkan soal berbasis masalah. Salah satu berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir refraktif. Berpikir refraktif merupakan berpikir yang didahului berpikir reflektif dan dilanjutkan dengan berpikir kritis. Berpikir refraktif dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu self efficacy yang merupakan faktor internal dari dalam diri siswa. Self efficacy dapat mempengaruhi dan mendorong siswa untuk menyelesaikan masalah atau segala bentuk tugas yang telah diberikan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah statistika ditinjau dari self efficacy tingkat tinggi. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah statistika ditinjau dari self efficacy tingkat sedang. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah statistika ditinjau dari self efficacy tingkat rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VIII B MTs Darussalam Kademangan Blitar, yang diambil dari masing-masing tingkatan self efficacy. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, self efficacy, soal tes, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan berpikir refraktif siswa dengan self efficacy tinggi mampu memenuhi tiga komponen yaitu identifikasi masalah, strategi dan evaluasi. Siswa dengan self efficacy tinggi mampu menjelaskan secara menyeluruh tentang soal yang telah dikerjakan serta dapat mengerjakan secara benar dan tepat sesuai pengerjaan matematis. 2) Kemampuan berpikir refraktif siswa dengan self efficacy sedang mampu memenuhi tiga komponen yaitu identifikasi masalah, strategi dan evaluasi. Akan tetapi, siswa dengan self efficacy sedang belum bisa melaksanakan tahap strategi secara keseluruhan dengan tepat, sehingga belum memenuhi tahap penyelesaian langkahlangkah secara jelas dan sistematis. 3) Kemampuan berpikir refraktif siswa dengan self efficacy rendah belum mampu memenuhi tiga komponen berpikir refraktif yaitu identifikasi masalah, strategi dan evaluasi. Pada tahap identifikasi masalah, siswa tersebut mampu mengerjakan dengan tepat, namun pada tahap strategi siswa dengan self efficacy rendah kesulitan menguraikan jawabannya sehingga pada tahap evaluasi, jawaban siswa menjadi salah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193162 ASVINDA KHOIRUR ROSIDAH
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:42
Last Modified: 23 Sep 2024 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53510

Actions (login required)

View Item View Item