PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI FUNGSI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR

Nur Fitri Eka Prasasti, 2814133138 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI FUNGSI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Fitri Eka Prasasti, NIM 2814133138. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Fungsi di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci:Jigsaw, alat peraga, fungsi. Fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional menjadikan siswa kurang aktif, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga. Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam siswa secara heterogen. Alat peraga yang digunakan adalah kotak refun, alat ini digunakan untuk membantu siswa lebih mudah memahami materi fungsi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi fungsi di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawberbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi fungsi di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Sampling yang digunakan adalah tehnik sample random. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Untuk mengetahui besar pengaruh menggunakan perhitungan effect size. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi fungsi MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (4,667) > ttabel (1,980) pada taraf signifikan 5%. Besar pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi fungsi MTs Sunan Kalijogo Kalidawir adalah 1,16 di dalam tabel interprestasi nilai Cohen’s 88% tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133138 nur fitri eka prasasti
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:03
Last Modified: 14 Jul 2017 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item View Item