PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTS AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

DWI NUR JANNAH, 2814133050 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTS AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Dwi Nur Jannah, NIM 2814133050, dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran di kelas yang diterapkan oleh guru masih menerapkan paradigma lama, yaitu menerapkan metode pembelajaran konvensional (ceramah, tanya jawab, penugasan). Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya di MTs Al-Huda Bandung terkesan monoton. Untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat tepat, karena model ini dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui (1) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika materi persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Al-Huda Bandung tahun pelajaran 2016/2017? (2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika materi persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Al-Huda Bandung tahun pelajaran 2016/2017? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C (kelas eksperimen) dan kelas VII-D (kelas kontrol). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung, sedangkan observasi, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika. Berdasarkan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, data yang dikumpulkan di uji prasyarat terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan dari hasil post-test kedua kelas tersebut di peroleh data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan t-test. Kesimpulannya ada pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Matematika siswa materi persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Al-Huda Bandung dengan nilai t_hitung=2,634 sedangkan t_tabel=2,042 pada taraf signifikansi 5% adalah 0.010, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan “Ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017. Besarnya pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Matematika siswa materi persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Al-Huda Bandung dengan nilai 0,630, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s tergolong sedang dengan presentasi 73%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017. (2) besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017 adalah sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133050 DWI NUR JANNAH
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:11
Last Modified: 10 Jul 2017 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item