Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multi Kasus di MA Muhammadiyah dan SMK Muhammadiyah,Watulimo Trenggalek)

TAUFIK HIDAYAT ARDI SAPUTRA, 1751144026 (2017) Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multi Kasus di MA Muhammadiyah dan SMK Muhammadiyah,Watulimo Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Taufik Hidayat Ardi saputra, 1751144026, 2016. Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multi Kasus di MA Muhammadiyah dan SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek) Tesis, Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Imam Fuadi M.Ag, (2) Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata Kunci: Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan, Lembaga Pendidikan Islam Tingkat kualitas masyarakat akan menentukan kehendak mereka untuk mendapatkan pendidikan dari lembaga pendidikan yang bermutu. Salahsatu yang perlu menjawab tantangan tersebut adalah lembaga pendidikan Islam. Melalui sistem manajerial dan pola strategi yang lebih mengedepankan asas kebutuhan masyarakat serta hasil atau skala produktifitas. Sehingga diharapakan dari usaha tersebut tercipta mutu pada tubuh lembaga pendidikan Islam. Fokus Penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah formulasi strategi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam di MA dan SMK Muhammadiyah Watulimo? (2) Bagaimanakah implementasi strategi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam di MA dan SMK Muhammadiyah di Watulimo ? (3) Bagaimanakah evaluasi strategi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam di MA dan SMK Muhammadiyah Watulimo?, sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui formulasi strategi, implementasi strategi serta evaluasi strategi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam di MA dan SMK Muhammadiyah Watulimo. Penulisan karya ilmiah ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Temuan dan teori dipaparkan dengan menggunakan landasan berfikir fenomenologis, sedangkan informan dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling, melalui proses pencarian data dan informan dari satu informan berganti ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai yang tujuan dan kerangka penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verivikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibility, transfarbility, dependenbility, dan konfirmability. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Formulasi strategi di MA Muhammadiyah Watulimo dan SMK Muhammadiyah Watulimo dilakukan dengan terlebih dahulu merumuskan visi dan misi melalui analisa lingkungan internal dan eksternal serta menyesuaikan dengan Dikdasmen Muhammadiyah, kemudian dirumuskan tujuan, target serta strategi yang akan dijalankan. (2) MA Muhammadiyah Watulimo dan SMK Muhammadiyah Watulimo mengimplementasikan program dari langkah formulasi strategi yang telah tersusun sebelumnya. Implementasi strategi dipertegas pada wilayah kurikulum, pengembangan siswa dan fasilitas sekolah. Pelaksanaan program diprioritaskan diwilayah keagamaan, kekaryaan dan profesionalisme lulusan yang berpedoman pada formulasi strategi serta dilakukan oleh bagian- bagian tertentu dalam lembaga yaitu wakil dari kepala sekolah dan jurusan. (3) Evaluasi strategi di MA Muhammadiyah Watulimo dan SMK Muhammadiyah Watulimo dilakukan yaitu: (a) Evaluasi ditingkat pimpinan kepala sekolah/madrasah dengan wakil- wakilnya dilaksnakan dengan intensitas waktu yang sering. (b) Evaluasi menyeluruh dilaksanakan dengan seluru dewan guru dan karyawan setiap bulan dan diawal serta diakhir smester. (c) Evaluasi eksternal dilakukan oleh lembaga pemeritah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dengan system pendelagasian sebagai bentuk kontrol.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M.Pd 1751144026 TAUFIK HIDAYAT ARDI SAPUTRA
Date Deposited: 10 Jul 2017 06:33
Last Modified: 10 Jul 2017 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item View Item