MANAJEMEN PEMBERDAYAAN SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN PROGRAM ADIWIYATA (Studi Multi Situs di MAN 1 Lamongan dan SMA Negeri 1 Babat)

MUHAMMAD NUR MAHFUDH, 1880501220012 (2024) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN PROGRAM ADIWIYATA (Studi Multi Situs di MAN 1 Lamongan dan SMA Negeri 1 Babat). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (458kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul "Manajemen Pemberdayaan Sekolah dalam Mengoptimalkan Program Adiwiyata (Studi Multi Situs di MAN 1 Lamongan dan SMA Negeri 1 Babat)". Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Mujamil, M. Ag. Pembimbing II : Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci : Manajemen Pemberdayaan, Program Adiwiyata Lembaga sekolah dalam membentuk generasi yang memiliki kepedulian dan ramah terhadap lingkungan, maka diperlukan peran pendidikan khususnya di sekolah, sebab di sekolah tempat para generasi penerus bangsa untuk membawa perubahan dimasa yang akan datang, maka perlu pemberdayaan serta kesadaran untuk mencintai lingkungan dengan cara pembiasaan. Untuk menciptakan sekolah yang ramah terhadap lingkungan melalui konsep program adiwiyata. Penelitian ini berfokus pada tahap-tahap pemberdayaan sekolah dalam mengoptimalkan program adiwiyata. Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada : 1) Bagaimana tahap penyadaran sekolah dalam mengoptimalkan program adiwiyata, 2) Bagaimana tahap pengkapasitasan sekolah dalam mengoptimalkan program adiwiyata, 3) Bagaimana tahap pendayaan sekolah dalam mengoptimalkan program adiwiyata di MAN 1 Lamongan dan SMA Negeri 1 Babat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi situs dengan rancangan penelitian studi multi situs dan menggunakan pendekatan fenomologis. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data dilakukan dalam 2 langkah yaitu : 1) Analisis kasus individu meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, 2) Analisis lintas situs. Pada pengujian keabsahan data peneliti menggunakan uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Tahap penyadaran dalam mengoptimalkan program adiwiyata dilakukan secara insentif melalui empat tahapan, a) Tahap pemberian motivasi dilakukan secara rutin pada saat apel pagi, ketika selesai upacara bendera dan ketika momen-momen tertentu. b) Tahap sosialisasi melalui : rapat internal komite, kegiatan pembelajaran dikelas, menggunakan media cetak seperti banner dan stiker, memanfaatkan potensi teknologi seperti media dan website dan saat PPDB dan MOS. c) Tahap musyawarah. d) Tahap pembinaan melalui pelatihan, workshop dan seminar tentang materi-materi adiwiyata. 2) Tahap pengkapasitasan dalam mengoptimalkan program adiwiyata dilaksanakan dengan komitmen dan tanggung jawab terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup melalui bimbingan dan pelatihan. 3) Tahap pendayaan dalam mengoptimalkan program adiwiyata melalui warga sekolah diberi kesempatan atau otoritas untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang telah mereka miliki dengan melahirkan kreasi dan inovasi disetiap program adiwiyata, partisipasi orang tua peserta didik, dan kerjasama internal lembaga dengan kemitraan fihak/instansi luar lembaga.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220012 MUHAMMAD NUR MAHFUDH
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:59
Last Modified: 30 Sep 2024 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53709

Actions (login required)

View Item View Item