FUJI KHOLIFATIN NISA'UN, 2814133072 (2017) PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP AHMAD YANI 3 TAMBAKREJO BOJONEGORO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (373kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Download (398kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Download (469kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Download (505kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Bantuan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Ahmad Yani 3 Tambakrejo Bojonegoro” ini ditulis oleh Fuji Kholifatin Nisa’un, NIM.2814133072, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : STAD, media pembelajaran matematika, motivasi dan hasil belajar. Banyak siswa yang menilai bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang susah dan rumit, sehingga banyak dari mereka mempunyai semangat atau motivasi yang rendah ketika mengikuti pembelajaran matematika. Kurangnya motivasi tersebut mengakibatkan siswa mempunyai hasil belajar yang rendah. Adapun beberapa upaya untuk mengatasi hal tersebut, misalnya dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan bantuan media pembelajaran matematika. Model ini dimulai dengan diskusi kelompok kemudian hasil diskusi dipresentasikan ke depan siswa lain menggunakan bantuan media yang disediakan guru. Selain itu, model ini juga dapat menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dengan adanya media-media yang membuat mereka lebih aktif. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi adalah (1) Adakah pengaruh model STAD dengan bantuan media pembelajaran matematika terhadap Motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani 3 Tambakrejo Bojonegoro? (2) Adakah pengaruh model STAD dengan bantuan media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani 3 Tambakrejo Bojonegoro? Skripsi ini diharapkan bermanfaat bagi sekolah SMP Ahmad Yani 3 Tambakrejo Bojonegoro sebagai masukan dalam menentukan tehnik yang dapat digunakan pada pembelajaran matematika dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, bagi para guru sebagai referensi model baru yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas. Sedangkan bagi siswa kelas VIII diharapkan bermanfaat sebagai model pembelajaran baru yang menyenangkan, sehingga motivasi dan hasil belajar mereka dapat meningkat, dan bagi peneliti lain sebagai kajian penunjang dan bahan pengembang perancangan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, angket dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data yang relevan dengan penelitian ini, angket digunakan untuk mengukur motivasi siswa, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah dilakukan analisis data, pada hipotesis pertama diperoleh sig=0,018<α=0,05, maka ada pengaruh yang signifikan model STAD dengan bantuan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani 3 Tambakrejo Bojonegoro sebesar 0,7 dan berada pada tingkat medium. Sedangkan pada hipotesis kedua diperoleh sig=0,000<α=0,05, maka ada pengaruh yang signifikan model STAD dengan bantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani 3 Tambakrejo Bojonegoro, sebesar 1,3 dan berada pada tingkat large.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133072 FUJI KHOLIFATIN NISA’UN |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 01:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 01:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5373 |
Actions (login required)
View Item |