INGGAR AJENG FARIDA, 2811133108 (2017) KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘’Kreativitas Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Fiqih di MAN Trenggalek’’ ini ditulis oleh Inggar Ajeng Farida, NIM 2811133108, Tahun 2017, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh H.Muh. Nurul Huda , M. A. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan bahwa aktivitas guru dalam proses interaksi belajar mengajar merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti mengkaji tentang Kreativitas Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Fiqih di MAN Trenggalek. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1)Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode diskusi pada pembelajaran fiqih di MAN Trenggalek? 2)Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MAN Trenggalek? 3) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode tanya jawab pada pembelajaran fiqih di MAN Trenggalek ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah 1) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan metode diskusi pada pembelajaran fiqih di MAN Trenggalek. 2) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MAN Trenggalek. 3)Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan metode tanya jawab pada pembelajaran fiqih di MAN Trenggalek. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus, metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu: data yang bersumber dari manusia, dan data yang bersumber dari non manusia berupa Person, Place, dan Paper. Dengan menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan model interaktif versi Miles and Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil penelitian yang telah diperoleh di lapangan menyebutkan bahwa:1)kreativitas guru fiqih dalam menggunakan metode diskusi : Guru bertindak kreatif menggunakan metode diskusi dengan teknik jigsaw, guru bertindak kreatif dalam menggunakan metode diskusi dengan menggunakan jenis metode diskusi konferensi. guru bertindak kreativitas dalam menggunakan metode diskusi dengan menggunakan media pembelajaran.guru bertindak kreatif dengan menggunakan metode diskusi yang di terapkan di luar kelas atau pembelajaran dilakukan diluar kelas. 2) kreativitas guru dalam penggunaan metode demonstrasi : penggunakan metode demonstrasi diselingi dengan metode lain, berupa ceramah dan metode tanya jawab, guru bertindak kreatif dengan menggunaan metode demonstrasi dengan menggabungkan metode kelompok. 3) kreativitas guru dalam penggunaan metode tanya jawab di MAN Trenggalek :guru bertindak kreatif dalam penggunaan metode tanya jawab dengan memberikan reward yakni berupa point, metode tanya jawab digunakan untuk merangsang keaktifan siswa untuk menggugah siswa yang pemalu atau yang diam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133108 INGGAR AJENG FARIDA |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 02:57 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5383 |
Actions (login required)
View Item |