TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU MATEMATIKA SMK ISLAM ASSALAM BLITAR MATERI PELUANG DITINJAU DARI KEPROFESIONALANNYA

AISYA SYAFA KAMILA, 1880512220009 (2024) TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU MATEMATIKA SMK ISLAM ASSALAM BLITAR MATERI PELUANG DITINJAU DARI KEPROFESIONALANNYA. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Matematika SMK Islam Assalam Blitar Materi Peluang Ditinjau Dari Keprofesionalannya” ditulis oleh Aisya Syafa Kamila, NIM 1880512220009, Program Magister Tadris Matematika, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd, dan Dr. Musrikah, M.Pd Kata Kunci: TPACK, Guru Matematika, Guru Sertifikasi Latar belakang dari penelitian ini adalah zaman perkembangan teknologi yang begitu pesat memerlukan guru yang kreatif, namun kebanyakan guru saat ini kurang dalam pemanfaatan TPACK oleh ketika mengajar dikelas sehingga sulit menemukan konten dan materi yang representatif dengan teknologi sekarang, Kendala yang sangat sering dialami oleh guru antara lain, kuota internet peserta didik yang terbatas, jaringan internet kurang stabil, terbatasnya fasilitas, kurangnya kesadaran peserta didik serta kemampuan guru yang belum maksimal. Tujuan penelitian tesis ini adalah 1) Mendeskripsikan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Materi Peluang SMK Islam Assalam Blitar Pada Guru Matematika yang Sudah Sertifikasi 2) Mendeskripsikan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Materi Peluang SMK Islam Assalam Blitar Pada Guru Matematika yang Belum Sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, Lokasi penelitian ini di SMK Islam Assalam Blitar, Subjek yang dipilih adalah 4 guru matematika, 2 guru yang sudah bersertifikasi dan 2 guru yang lain belum bersertifikasi. Metode pengumpulan data wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) (a)Technological Knowledge(TK) media belajar disesuaikan dengan keadaan siswa.(b)Content Knowledge(CK) penguasaan materi yang baik dengan sumber belajar yang beragam.(c) Pedagogical Knowledge (PK) strategi yang dipilih sesuai dengan pendekatan konfensional, berdampak pada suasana kelas yang kondusif.(d)Technological Content Knowledge (TCK) whiteboard pada materi peluang, membuat siswa kurang antusias, karena guru terfokus pada materi.(e) Technological Pedagogical Knowledge (TPK) whiteboard menciptakan siswa kurang tertarik.(f) Pedagogical Content Knowledge (PCK) strategi pendekatan personal membuat siswa percaya diri dalam belajar.(g) Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) belum maksimal saat penerapan(media, strategi dan konten) dalam pembelajaran sehingga guru perlu meningkatkan strategi bervariasi.2)(a)Technological Knowledge (TK) media yang dipilih menarik siswa dalam pembelajaran.(b) Content Knowledge (CK) mempunyai penguasaan materi yang baik, dengan sumber belajar beragam.(c) Pedagogical Knowledge (PK) strategi yang diterapkan sesuai dengan pendekatan saintifik. (d)Technological Content Knowledge (TCK)whiteboard, Smart TV dan Wordwall menciptakan suasana kelas yang hidup.(e) Technological Pedagogical Knowledge (TPK) whiteboard, Smart TV dan Wordwal dalam pembelajaran di kelas menarik semangat siswa dalam belajar.(f) Pedagogical Content Knowledge (PCK) strategi pendekatan saintifik menciptakan suasana belajar yang kondusif dan tenang.(g) Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK)belum maksimal dalam memanfaatkan media dan strategi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220009 AISYA SYAFA KAMILA
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:23
Last Modified: 09 Oct 2024 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53869

Actions (login required)

View Item View Item